Sukses

14 Wisata Alam Jogja dari Pantai Hingga Pegunungan, Asyik Buat Refreshing

Liputan6.com, Jakarta Jogja memiliki pesona yang tak pernah luntur sepanjang waktu. Wisatawan lokal maupun mancanegara tak pernah berhenti menyambangi kota ini. Jogja memang begitu istimewa dan menyimpan daya tarik tersendiri.

Mulai dari budaya Jawa yang masih kental, keramahan, kuliner khas, serta berbagai lokasi wisata yang tak cukup disambangi dalam waktu sehari.

Jogja memiliki lokasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata budaya dan sejarah seperti candi dan museum, wisata kuliner yang khas, hingga wisata alam yang masih segar.

Untuk wisata alam Jogja juga tersedia dalam berbagai pilihan seperti pantai, pegunungan, atau air terjun. Hal ini membuat Jogja bagai paket lengkap bagi para wisatawan.

Jika Anda merencanakan untuk berwisata ke kota pelajar ini, tak ada salahnya untuk mencoba wisata alam Jogja dengan ragam pilihannya. Nah, penasaran apa saja wisata alam Jogja yang pastinya begitu indah?

Berikut wisata alam Jogja yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019)

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Jogja: Pantai

Di bagian selatan, Jogja berbatasan langsung dengan samudera hindia. Hal ini yang membuat Jogja memiliki jajaran pantai selatan yang indah. Banyak pantai yang dapat menjadi destinasi Anda di kala berkunjung ke Jogja.

Yang paling terkenal adalah pantai Parangtritis yag merupakan pantai terluas di Jogja. Namun selain Parangtritis ada banyak alternatif pantai bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai selatan di Jogja. Berikut beberapa pantai yang ada di Jogja:

1. Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Selain dikenal dengan lagunanya, Pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

Selain terkenal dengan laguna serta tetrapod kini Pantai Glagah juga memiliki magnet baru berupa kebun bunga matahari.

2. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo terletak di sisi paling barat dan berdekatan dengan sungai Progo tepatnya berada di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan adanya kincir angin di sepanjang jalannya, kincir angin digunakan untuk pembangkit listrik sebagai penerangan pantai ketika malam hari.

Selain itu pantai ini juga tak lekat dari kesan mistis karena pernah menjadi tempat Sri Sultan Hamengku Buwono VIII bertirakat. Di sini juga Anda dapat menyaksikan warga setempat yang beraktivitas sebagai nelayan.

3. Pantai Goa Cemara dan Pandansari

Masih di kawasan Bantul, pantai Goa Cemara juga merupakan pantai yang patut untuk Anda kunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Di sini Anda akan merasakan sensasi seperti bukan berada di pantai melainkan berada di hutan cemara yang sejuk.

Hanya bersebelahan dengan Goa Cemara, pantai Pandansari juga menawarkan panorama laut selatan dari menara mercusuar yang ada. Pantai ini juga memiliki agrowisata buah naga yang bisa menjadi alternatif jika Anda ingin sekalian membawa oleh-oleh buah naga.

4. Pantai Timang

Pantai Timang terletak di kabupaten Gunungkidul tepatnya di daerah Tepus. Pantai ini memiliki ciri khas berupa gondola yang sangat menantang adrenalin. Pantai ini sudah terkenal hingga mancanegara lho. Bahkan salah satu variety show SBS, dari Korea sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati tantangan adrenalin dari gondola pantai Timang.

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini Anda dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

6. Pantai Jungwok

Gunungkidul dikenal dengan pantai berpasir putih yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Jungwok. Pantai ini memiliki batu karang besar yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Jungwok juga cocok bagi Anda yang ingin camping di pinggir pantai.

Selain, pantai tersebut masih banyak jajaran pantai di Gunungkidul yang tak kalah indah untuk dijelajahi seperti pantai Wediombo, Indrayanti, Siung, Pok Tunggal, Sarangan, dan masih banyak lagi.

 

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Jogja: Pegunungan

7. Kebun Buah Mangunan

Kawasan wisata Kebun Buah Mangunan,Imogiri, Bantul merupakan wisata alam Jogja yang menawarkan suasana pegunungan jauh dari hiruk pikuk kota.

Kebun Buah Mangunan menawarkan pemandangan yang bakal menyejukkan mata dan pikiran untuk Anda yang ingin melepas penat kehidupan. Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Bagaimana tidak, kebun buah magunan berada pada ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Jika beruntung, di pagi hari Anda akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu. Dari kebun buah mangunan, ada dapat menikmati suasana perbukitan, lembah dan kelokan sungai.

Seperti namanya Kebun Buah Mangunan memang banyak ditanami oleh pohon buah-buahan seperti belimbing, durian, rambutan dan lain-lain.

8. Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri Anda dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

9. Kalibiru

Kalibiru merupakan wisata alam Jogja yang populer karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Lokasi Kalibiru berupa area hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini Anda dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru Anda akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

10. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Kebun Teh Nglinggo juga dijadikan objek wisata untuk berburu sunset dan sunrise, lho.

Di sini Anda dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh secara langsung. Hasil teh dari kebun teh ini juga dijual bebas di warung-warung kecil milik penduduk setempat. Anda juga bisa mencoba pendakian kecil Bukit Kukusan untuk menikmati keindahan Yogyakarta dari ketinggian. Selain Bukit Kukusan, ada juga satu curug atau air terjun kecil bernama Grojogan Watu Jonggol yang terkenal dengan kesegaran airnya.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Jogja: Air Terjun

11. Air Terjun Kembang Soka

Tak hanya pantai dan pegunungan, Jogja juga memiliki wisata alam berupa air terjun salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka. Berlokasi di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, keindahan air terjun Kembang Soka bak surga kecil tersembunyi.

Dinamai Kembang Soka karena di mana salah satu sumber mata airnya banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Airnya begitu menyegarkan dengan perpaduan antara warna putih dan hijau toska.

Air terjun ini merupakan hasil dari pertemuan tiga sumber air, yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo), mata air Tuk Jaran atau dapat diartikan sumber rezeki, dan juga mata air Kalimiri.

Ketiga mata air ini menjelma menjadi aliran tiga air terjun kecil setinggi kurang lebih 5 meter, 15 meter dan 30 meter. Ketiganya kemudian bertemu pada satu aliran terbesar setinggi kurang lebih 40 meter.

12. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dengan ketinggian hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Air Terjun Sidoharjo terletak di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, Anda juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

13. Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul. Karakteristik batuan yang tersusun di air terjun ini membuat Air Terjun Luweng Sampang nampak seperti Grand Canyon mini.

14. Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan air terjun yang tersembunyi di Desa Wisata Krebet,Kecamatan Pajangan, Bantul. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu karena curug ini medannya cukup curam dan terjal. Curug Pulosari sejatinya merupakan air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan.

 

Perempuan Pukul Pria dalam Sebuah Perayaan di India
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Destinasi Wisata Jogja Terbaru yang Anti Mainstream, Piknik Yuk
Artikel Selanjutnya
5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari, Segera Cek Sebelum Terlambat