Sukses

6 Tempat Wisata di Kulon Progo, Tawarkan Pesona Keindahan Alam

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta menawarkan sejuta pesona bagi para wisatawan. Daerah istimewa satu ini memiliki banyak tempat wisata yang tak cukup untuk dijelajah hanya dengan sehari saja. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner hingga alam dapat Anda temui di kota pelajar ini.

Salah satu daerah yang yang menjadi destinasi wisata di Yogyakarta adalah Kulon Progo. Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten Provinsi DIY yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara.

Kulon Progo menawarkan wisata alam yang masih terbilang asri seperti air terjun, kebun teh, pantai, dan masih banyak lagi. Beberapa dari tempat wisata di Kulon Progo ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat namun ada pula tempat wisata di Kulon Progo yang dikelola oleh warga.

Berikut 6 tempat wisata di Kulon Progo yang dapat menjadi tujuan wisata Anda saat berada di Yogyakarta dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (12/3/2019)

2 dari 7 halaman

Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang populer karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kalibiru berupa area hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini Anda dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru Anda akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

 

3 dari 7 halaman

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan wauk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo.

Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

4 dari 7 halaman

Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan pantai yang paling terkenal di kulon Progo. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Laguna tersebut terbentuk dari bagian daratan agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Selain dikenal dengan lagunanya, pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak. Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

Selain terkenal dengan laguna serta tetrapod kini Pantai Glagah juga memiliki magnet baru berupa kebun bunga matahari. Dengan mengunjungi satu tempat wisata di Kulon Progo saja Anda sudah mendapat beberapa spot wisata yang menarik, ya.

5 dari 7 halaman

Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Kulon Progo berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang masuk menikmati suasana Kedung Pedut dapat memilih beberapa spot untuk berfoto. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

 

6 dari 7 halaman

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dengan ketinggian hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Air Terjun Sidoharjo terletak di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, Anda juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

7 dari 7 halaman

Kebun Teh Nglinggo

Dengan pesona kehijauannya, Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Kebun Teh Nglinggo juga dijadikan objek wisata untuk berburu sunset dan sunrise, lho.

Di sini Anda dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh secara langsung. Hasil teh dari kebun teh ini juga dijual bebas di warung-warung kecil milik penduduk setempat.

Anda juga bisa mencoba pendakian kecil Bukit Kukusan untuk menikmati keindahan Yogyakarta dari ketinggian. Selain Bukit Kukusan, ada juga satu curug atau air terjun kecil bernama Grojogan Watu Jonggol yang populer dengan kesegaran airnya.

 

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Cek HP Samsung Asli atau Replika dengan Mudah, Kamu Wajib Tahu Agar Tak Tertipu
Artikel Selanjutnya
Manfaat Jambu Biji dan Daun untuk Kecantikan Wajah, Bisa Memutihkan Kulit