Sukses

5 Manfaat Air Putih yang Utama bagi Kesehatan Tubuh, Penuhi Kebutuhanmu

Banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Tentu kamu sudah tahu bahwa 60 persen tubuh manusia terdiri atas air. Peran penting dari air memang sangat berpengaruh pada semua kehidupan mahkluk hidup. Baik bagi manusia, hewan dan tumbuhan tentu membutuhkan air.

Air adalah salah satu zat unik. Air tak hanya ada di Bumi. Beberapa planet lain juga memiliki air. Bahkan konon, air telah ada terlebih dulu sebelum Bumi terbentuk. Peran penting air bagi kehidupan tentu saja membuatnya memberikan manfaat yang luar biasa.

Bagi manusia, mengonsumsi air putih adalah sebuah kebutuhan. Selain itu terdapat manfaat air putih yang luar biasa bagi tubuh manusia. Manusia lebih mampu menahan lapar daripada menahan haus. Hal itu karena manusia memiliki cadangan makanan, yaitu lemak. Sedangkan manusia tidak bisa bertahan tanpa air, terutama air putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Penting bagi Tubuh Manusia

Sekitar 60 persen dari tubuh manusia adalah air. Kekurangan air atau dehidrasi tentu akan menganggu proses sistem dalam tubuh. Bahkan hanya melalui keringat, terdapat sekitar 64 ons air yang dikeluarkan melalui keringat. Jika kamu sering berolahraga, maka keringat akan keluar lebih banyak.

Air dalam tubuh manusia sebagai alat mengontrol suhu tubuh. Bahkan, bagi kamu yang bekerja dengan duduk di depan komputer, sebenarnya tubuh juga sedang mempertahankan suhu intinya. Itu mengapa rajin minum air putih sangat penting bagi kesehatan tubuhmu.

Mengonsumsi banyak air putih tak akan memberikanmu efek samping. Karena air putih tidak mengandung kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta kandungan gula. Maka dari itu banyak manfaat air putih yang bisa kamu rasakan.

Menurut Institute of Madicine, mengonsumsi air putih yang baik setiap orang berbeda-beda per harinya. Namun secara umum, seseorang perlu setidaknya 13 gelas untuk laki-laki dan 9 gelas untuk perempuan. Hal tersebut juga sesuai dengan usia serta ukuran tubuhnya masing-masing.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih

Setiap fungsi, semua sel dan organ dalam tubuh manusia memerlukan air. Air yang sehat bagi tubuh adalah air putih. Itu alasannya mengapa manfaat air putih sangat penting. Berikut beberapa manfaat air putih yang baik bagi kesehatan tubuh manusia yang berhasil dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

1. Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi

Salah satu manfaat air putih yang sangat penting bagi tubuh adalah mampu meningkatkan kekuatan otak. Seperti yang diketahui bahwa otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak.

Manfaat air putih bagi otak akan membuatmu lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga taau waspada. Hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat energi pada seluruh tubuh kamu. Manfaat air putih menyediakan energi sehingga kamu tidak akan merasakan dehidrasi. Kekurangan air putih bisa membuat otakmu dehidrasi.

2. Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kamu yang mengonsumsi makanan dan minuman tentu akan menghasilkan ampas atau toksin dalam tubuh. Manfaat air putih disini akan membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut.

Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kamu serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat. Tak hanya keringat, manfaat air putih juga membantu mempelancar pembuangan toksin melalui urin. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih

3. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulitmu. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kulit dan menyamarkan kerutan.

Kulit manusia termasuk alam organ tubuh. Sehingga penting untuk menjaganya. Berdasarkan UW Health, jika kekurangan mengonsumsi air putih maka kulit akan tampak kering, tidak kencang dan bersisik yang berakibat berkerut.

4. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalah membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebi kuat.

Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kandung kemih.

5. Mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood dan meredakan sakit kepala

Rasa lelah dan lesu pada tubuh ada kemungkinan jika tubuh kekurangan cairan atau tanda-tanda dehidrasi. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengonsumsi air putih. Jika tubuhmu kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Manfaat air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan memengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

Dehidrasi juga memengaruhi sakit kepala. Menurut Europea Journal of Neurology, konsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga menolong kurangi rasa sakit pada kepala.

Demikian manfaat air putih yang bisa kamu rasakan. Banyak mengonsumsi air putih tidak akan memberikan dampak efek samping pada tubuhmu. Salah satu cara yang mudah dan murah untuk menjaga tubuh selalu sehat adalah dengan banyak minum air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini