Sukses

Pelajari 6 Skill Baru Ini Saat di Jakarta agar Liburanmu Lebih Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta selalu menyimpan pesonanya sendiri. Baik bagi para penduduknya maupun wisatawan yang datang untuk berlibur, Jakarta selalu dikenal dengan kehidupan kotanya yang sibuk.

Umumnya, warga Jakarta menghabiskan waktu senggangnya dengan bersantai di bar, restoran, bioskop, atau berbelanja di mal yang menjadi primadona ibukota ini. Namun, mereka yang berlibur  di Jakarta justru memilih kawasan wisata yang sudah umum mereka dengar.

Padahal, Jakarta memiliki banyak tempat untuk menghabiskan waktu senggangmu secara produktif. Dilansir dari laman Wonderful Indonesia, Jumat, 8 Februari 2019, ada 6 skill yang kamu bisa pelajari ketika kamu sedang berada di Jakarta.

1. Membuat Layang-Layang

Museum Layang-Layang yang terletak di Jakarta Selatan ini merupakan museum layang-layang pertama di Indonesia. Museum ini mengoleksi lebih dari 600 ragam layang-layang dengan berbagai jenis dan akan terus bertambah seiring meningkatnya koleksi layang-layang terbaru dari seluruh dunia.

Tak hanya melihat koleksinya, pengunjung bisa belajar cara membuat layang-layang dan menghiasnya. Mereka pun bisa membawa pulang layang-layang yang telah mereka kreasikan tersebut.

2. Menghias Keramik

Terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Museum Seni Rupa dan Keramik menampilkan keindahan karya seni murni dan keramik tradisional di Indonesia. Museum ini dulunya pernah digunakan sebagai gedung pengadilan zaman penjajahan Belanda. Gedung ini diresmikan menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik oleh Presiden Soeharto pada 20 Agustus 1976.

Selain menampilkan kerajinan tangan dan keramik tradisional Indonesia, museum ini juga memberi kesempatan kepada pengunjungnya untuk menghias keramik. Pengunjung pun bisa membuat kerajinan tangan saat mengunjungi museum ini.

2 dari 3 halaman

Seni Tradisional

3. Membatik

Tidak hanya di Pekalongan atau Solo, kamu pun bisa belajar membuat batik di Jakarta, tepatnya di Museum Tekstil. Museum yang dibuka dari hari Selasa hingga Minggu ini menampilkan ragam pakaian di Indonesia, termasuk pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Ketika masuk ke dalam museum ini, pengunjung akan disuguhi dengan kekayaan budaya Indonesia.

Pengunjung juga mendapatkan edukasi melalui pameran, seminar, workshop, penelitian bahkan jurnal yang didapat dari Museum Tekstil. Mereka juga bisa belajar membatik dipandu oleh pemandu yang ahli di bidangnya.

4. Membuat Ondel-Ondel

Penasaran dengan budaya Si Doel anak Betawi? Kunjungilah Kampung Budaya Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Di tempat ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai kebudayaan orang Betawi, suku asli di Jakarta. Kebudayaan ini perlu dilestarikan sebab penduduk Jakarta saat ini banyak yang tertarik dengan gaya hidup dan kebudayaan urban yang modern.

Ketika berkunjung ke kampung ini, pengunjung tak hanya mengetahui budaya orang Betawi, tapi juga mempelajari banyak hal. Pengunjung bisa belajar membuat bir pletok asli Jakarta, membuat ondel-ondel, belajar tarian tradisional Selamat Datang, dan banyak hal lain mengenai kebudayaan Betawi.

3 dari 3 halaman

Seni Modern dan Kopi

5. Belajar Seni Grafis

Buat kamu yang menyukai desain grafis dan ingin mempelajarinya, kamu bisa mengunjungi Ganara Art-Space di Sekolah Kembang Kemang, Jakarta Selatan. Studio seni ini dibangun oleh pasangan suami istri Ranald Indra dan Tita Djumaryo. Awalnya, mereka membangun studio seni ini untuk membantu perkembangan sensorik motor anak mereka yang mengalami keterlambatan dalam hal berbicara karena asyik bermain gadget.

Selain desain grafis, kamu juga bisa belajar membuat tembikar untuk mengembangkan kemampuan senimu. Kelasnya pun beragam dan bisa diisi oleh pemula, anak-anak bahkan mereka yang sudah berpengalaman. Jika kamu bosan dengan hiburan yang ada di Jakarta, kamu bisa membawa anak atau keponakanmu berkunjung ke sini.

6. Membuat Latte Khas Sendiri

Kuliner Indonesia di bidang kopi semakin menjamur dengan banyaknya kedai kopi, terutama di Jakarta. Mengapa kamu tidak mencoba membuat latte khasmu sendiri di ABCD School of Coffee? Kamu akan belajar membuat kopi di sekolah yang berlokasi di Menteng ini.

Sebelum membuat kopi, kamu akan diberitahu terlebih dulu informasi mengenai kopi secara lengkap, mulai dari asal-usulnya, pertanian kopi, hingga mencapai level praktiknya, seperti menyeduh kopi dan membuat espresso. Buat kamu yang masih awam mengenai industri kopi, jangan khawatir sebab sekolah ini menyediakan kelas untuk pemula. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Momen Hening untuk Karl Lagerfeld di London Fashion Week

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Daerah Endemis, Mengapa Ada Pasien Kusta di Jakarta?
Artikel Selanjutnya
Jakarta Barat Peringkat Ketiga DBD Terbanyak di Jakarta