Sukses

Mengenal Hotel Bidakara, Tempat Debat Pertama Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres atau debat Pilpres 2019 edisi perdana akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Kamis (17/1/2019) malam. Acara tersebut akan diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Ini bukan kali pertama hotel tersebut menggelar acara debat. Di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, acara debat edisi keempat dan kelima juga dilangsungkan di Hotel Bidakara.

Bagi Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, hotel tersebut tentu tak asing lagi bagi mereka. Pada Pilpres 2014, Jokowi mengikuti debat bersama Jusuf Kalla dan akhirnya terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Kali ini, Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf Amin yang menjadi calon Wakil Presiden (Cawapres), sedangkan Prabowo pada Pilpres 2014 berpasangan dengan Hatta Rajasa. Di tahun ini, ia berpasangan dengan Sandiaga Uno sebagai Capres dan Cawapres.

Selain Debat Pilpres, Hotel Bidakara juga pernah menjadi tempat Debat Pilgub (Pemilihan Gubernur) DKI Jakarta pada 2017. Debat Pilgub DKI Jakarta 2017 bahkan tiga kali diadakan di hotel ini yaitu edisi perdana, kedua dan ketiga pada Januari sampai Februari 2017.

Dilansir laman bidakarahotel.com, hotel yang akan menjadi tempat debat Pilpres 2019 ini diresmikan sebagai hotel bintang empat pada 16 Desember 1998. Hotel ini terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Dalam pelaksanaan operasionalnya, Hotel Bumi Karsa Bidakara berada dibawah pengawasan PT Mekar Prana Indah (MPI) yang juga mempunyai beberapa unit usaha yang berlokasi di Kompleks Bidakara. Adapun unit usaha yang dimiliki oleh PT MPI antara lain perhotelan, pusdiklat, perkantoran, dan jasa umum.

 

2 dari 2 halaman

Hotel MICE

Hotel ini termasuk hotel MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang mmpunyai 174 kamar. Fasilitas lainnya berupa empat Outlet Restoran, Laundry, Kolam Renang, Pusat Kebugaran, Concierge, Karaoke, Salon dan 18 Ruang Pertemuan yang keseluruhannya difasilitasi dengan layanan internet berkapasitas 1 Mbps.

Hotel ini mempunyai dua ballroom yang cukup besar, yaitu Birawa Assembly Hall (berkapasitas sampai 3000 orang) dan Auditorium Binakarna (berkapasitas sampai 1200 orang).

Hotel Bidakara yang akan menjadi tempat Debat Pilpres 2019 merupakan bagian dari Bidakara Hotel Group. Hotel lain yang satu grup dengannya adalah Hotel Bidakara Grand Savoy Homman Bandung dan Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kata Wanita: Pujian Paling Berkesan dari Suami

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Masalah Hukum yang Disorot Jokowi dan Prabowo Jelang Debat Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Persiapan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Jelang Debat Capres Hari Ini