Sukses

Liburan Akhir Tahun, Ini 12 Destinasi Wisata Kece yang Asyik Dikunjungi

Mulai dari wisata kota, budaya, kuliner hingga wisata alam semua ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Liburan akhir tahun tentu sangat ditunggu-tunggu sebagai momentun untuk refreshing dari kegiatan yang padat. Momen akhir tahun menjadi waktu yang pas untuk untuk liburan bersama seluruh keluarga ataupun sahabat.

Apalagi ada banyak destinasi wisata kece di berbagai tempat di Tanah Air. Mulai dari wisata kota, budaya, kuliner hingga wisata alam semua ada di Indonesia. Bahkan jika jeli, kamu bisa menemukan tempat wisata yang tersembunyi dengan pemandangan yang menakjubkan serta nggak nguras kantongmu.

Nah, buat memeriahkan momen liburan akhir tahunmu, berikut ini Liputan6.com ulas destinasi wisata yang asyik dikunjungi saat liburan akhir tahun, Rabu (26/12/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Surabaya

Surabaya bisa menjadi satu kota tujuan wisata liburan akhir tahun yang menarik. Banyak hal yang bisa dilakukan di Kota Pahlawan.

Kota terbesar kedua setelah DKI Jakarta ini mempunyai sudut-sudut cantik yang layak dikunjungi seperti hutan bambu dan hutan mangrove. Destinasi lain yang cocok untuk wisata adalah museum-museum, Suroboyo Night Carnival Park, Atlantis Land, hingga Taman Bungkul yang meraih penghargaan sebagai Taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 lalu.

3 dari 13 halaman

2. Malang

Hawa sejuk dan beragam destinasi menarik membuat Malang tidak pernah sepi pengunjung. Kota Apel ini merupakan tempat yang tepat untuk bersenang-senang saat liburan akhir tahun.

Mampir ke Alun-Alun Kota Baru, paralayang di Batu, bermain air di Air Terjun Coban Rondo, berkeliling Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, berfoto di Museum Angkut, menghabiskan malam di Batu Night Spectacular, dan menikmati es krim di Toko Oen merupakan rangkaian aktivitas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Malang.

4 dari 13 halaman

3. Banyuwangi

Saat ini Banyuwangi menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Nggak cuma wisatawan lokal, keindahan Banyuwangi juga disorot mancanegara lho.

Buat liburan akhir tahunmu, kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat menarik di Kawah Ijen, Pantai Teluk Ijo, Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, hingga di Jawatan Benculuk dengan pepohonan yang tinggi dan rindang.

5 dari 13 halaman

4. Pacitan

Kota yang berada di pesisir selatan Jawa Timur ini terkenal dengan julukan Kota Seribu Gua. Di Pacitan kamu bisa menjelajah di Gua Gong, Gua Tabuhan, Gua Luweng Jaran, Goa Song Terus dan masih banyak yang lainnya.

Namun faktanya, tidak hanya gua yang membuat kota ini layak menjadi destinasi utama liburan akhir tahunmu. Pasalnya, Pacitan memiliki puluhan pantai yang indah dan tak kalah dengan yang ada di Bali atau Lombok.

6 dari 13 halaman

5. Yogyakarta

Destinasi di Kota Pelajar ini sangat beragam. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner hingga wisata belanja. Yogyakarta merupakan destinasi yang menawarkan paket lengkap untuk liburan akhir tahun yang seru.

Kamu bisa refreshing dengan mengunjungi deretan pantai, gua atau bukit dengan pemandangan yang sangat cantik. Sementara itu, jika ingin liburan sambil mengenal sejarah dan budaya Jogja, kamu bisa mampir ke Keraton dan museum-museum yang tersebar di beberapa titik. Di Jogja kamu juga bisa liburan akhir tahun ke bangunan kuno peninggalan zaman kerajaan yang asyik buat foto-foto.

7 dari 13 halaman

6. Bandung

Bandung adalah salah satu kota yang asyik untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun. Bandung memiliki beberapa kawasan yang bisa menemani liburanmu di akhir tahun. Dari wisata kota hingga wisata alamnya, Bandung bisa memberikan semua itu secara lengkap.

Misalnya ada Floating Market, Farm House, China Town Bandung, Little Seoul Korea juga kawasan Dago yang hits di kalangan anak muda.

Bisa juga dengan mengunjungi objek wisata alam seperti di kawasan Ciwidey yang terkenal akan panorama alamnya yang sangat indah.

8 dari 13 halaman

7. Belitung

Keindahan wisata alam Belitung mulai terkuak sejak munculnya film Laskar Pelangi. Liburan akhir tahun di Kepulauan Bangka Belitung ini nggak lengkap kalau nggak ke pantainya yang memesona, sebut saja Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Pantai Punai, Pulau Pasir dan masih banyak yang lainnya.

Selain pantai, destinasi wisata Belitung lainnya ada Air Terjun Kapala Kawai, Air Terjun Gurok Beraye, dan Air Terjun Marsilla.

9 dari 13 halaman

8. Padang

Padang punya segudang tempat wisata seru yang asyik dikunjungi buat destinasi liburan akhir tahunmu. Di Kota Tercinta ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan di Danau Laut Tinggal yang berwarna toska, melintasi Jembatan Akar di Bayang Utara, melihat hijaunya Lembah Harau, bermain air di Lubuak Tampuruang, serta berfoto di Kelok Sembilan. Sementara buat kamu yang suka sejarah, bisa mengisi liburan akhir tahun dengan melihat megahnya Masjid Raya Sumatera Barat, mengintip kebudayaan Minang di Istana Pagaruyung dan menyambangi Jam Gadang yang ikonik.

10 dari 13 halaman

9. Jakarta

Jakarta memang terkenal sesak dan macet. Namun, ibukota Indonesia ini punya destinasi liburan akhir tahun yang tak kalah menyenangkan dari kota lainnya lho.

Jauh di utara Jakarta ada Kepulauan Seribu yang sangat tenang dengan banyak gugusan pulau kecil bak di Maladewa. Di dalam kota juga banyak tempat keren mulai dari kawasan Kota Tua, TMII, Ancol dan masih banyak lagi. Ada pula kafe-kafe kece di Jakarta yang cocok dijadikan untuk hangout dan bersantai saat liburan akhir tahun.

11 dari 13 halaman

10. Bali

Buat sebagian orang, tidak lengkap rasanya jika tidak menghabiskan liburan akhir tahun di Bali. Pulau paling populer di Indonesia ini punya segudang tempat wisata yang seru. Walaupun Bali terkenal dengan pantainya yang kece banget, ternyata bukan cuma itu magne pulau Dewata ini.

Ada Tirta Gangga juga Candi Lempuyangan yang merupakan warisan kerajaan bersejarah. Kamu juga bisa menemukan suasana yang Bali banget di Taman Safari Bali dengan banyak ukiran dan arca di dalamnya.

Jangan lupa juga buat berkunjung ke Gemitir Garden, Tegalalang Rice Terrace, Air Terjun Aling-Aling, The Secret Garden serta Taman Nasional Bali Barat untuk wisata alam yang mengasyikkan.

12 dari 13 halaman

11. Palembang

Selain berwisata kuliner dengan makan pempek di Palembang. Buat liburan akhir tahun kamu bisa menyambangi Taman Kambang Iwak yang berlokasi di tengah kota, berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera. Bisa juga melihat cantiknya pagoda di Pulau Kemaro, bertualang di Punti Kayu atau Bukit Serelo, juga wisata air di Curup Maung Lahat dan Curug Tujuh Kenangan.

13 dari 13 halaman

12. Lombok

Sama halnya dengan Bali, Pulau Lombok juga terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Lombok menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang seru buat dijadikan destinasi wisata liburan akhir tahun.

Ada Bukit Pergasingan, Taman Narmada, Aor Terjun Mangkusakti, Air Terjun Benang Kelambu yang menawarkan keindahan alam. Tak lengkap jika ke Lombok tanpa ke pantainya bukan? Buat liburan akhir tahun sekaligus resfresh pikiran, jangan lupa buat mampir ke Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air serta pantai memesona lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.