Sukses

5 Tips Melakukan Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri dengan Lancar dan Sukses

Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan kerja kali berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan perjalanan bisnis/kerja ke luar negeri dapat menjadi tantangan tersendiri di kalangan profesional. Perbedaan bahasa, kultur kerja, dan hal-hal teknis lainnya dapat menjadi rintangan bagi siapa pun yang hendak melakukan perjalanan kerja ke luar negeri. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan kerja kali ini berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala apa pun. Simak tipsnya berikut ini.

1. Persiapkan segala hal tentang pekerjaan lebih awal

Saat melakukan perjalanan bisnis, biasanya kamu akan membawa beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan atau bahkan dipresentasikan saat bertemu dengan kolega atau calon klien di sana. Persiapkanlah hal ini jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan agar kamu masih memiliki waktu untuk melakukan pengecekan kembali sehari sebelum berangkat.

Susun dokumen atau file berdasarkan prioritasnya sehingga saat kamu tidak akan kewalahan saat ingin mencarinya. Terlihat lebih siap di depan klien tentunya akan meninggalkan kesan yang positif dari diri kamu.

2. Cermat dalam membawa barang bawaan

Bawa barang bawaan sesuai dengan lama perjalanan kamu. Isi koper kamu dengan baju-baju yang sesuai dengan rapat/pertemuan yang akan dihadiri di sana. Jika ternyata ada cocktail nights, kamu harus membawa pakaian yang sesuai dengan konsep acara tersebut, tapi cobalah untuk memilihnya dengan cerdas. Usahakan pakaian tersebut tetap muat di koper sehingga kamu tak perlu menjinjing gantungan baju saat berada di bandara.

Jangan lupa juga membawa perlengkapan kerja kamu. Hal yang sering terlupa adalah earphone padahal benda yang satu ini sangat penting untuk mengusir kebosanan atau sekadar sebagai penanda bahwa kamu sedang ingin fokus bekerja dan tak ingin diganggu.

3. Tetap mobile di mana pun

Tantangan lainnya adalah tetap terhubungan dengan internet selama business trip ke luar negeri. Saat kamu tetap dapat terkoneksi saat berada di luar negeri, segala macam urusan dapat dikerjakan lebih mudah. Mulai dari mencari lokasi meeting, mengakses data yang berada di cloud, sampai sesederhana bisa berkomunikasi dengan klien/kolega kerja di sana.

Untuk urusan konektivitas ini, kamu bisa memilihnya dengan mudah di Traveloka App. Kamu bisa memilih berbagai macam pilihan konektivitas internet saat berada di luar negeri, mulai dari paket roaming, rental pocket WiFi, sampai membeli kartu SIM lokal negara tujuan.

Memilih rental pocket WiFi dan salah satu antara paket roaming atau kartu SIM lokal bisa menjadi solusi yang tepat saat business trip ini. Pocket WiFi untuk urusan kerjaan karena kamu bisa membaginya dengan rekan kerja saat sedang meeting atau membuat laporan. Jangan lupa isi dayanya agar bisa digunakan selama seharian penuh ya.

Sementara itu, paket roaming atau kartu SIM lokal dapat digunakan untuk kebutuhan smartphone kamu agar bisa lebih bebas bergerak saat beraktivitas dan tidak bergantung pada jaringan WiFi. Beli semua pilihan paket internasional roaming di Traveloka App.

4. Selipkan waktu bersantai

Jadwal meeting yang super ketat biasanya akan kamu alami saat melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Tak hanya ketat, ada kemungkinan juga kamu akan berpindah-pindah tempat saat melakukan meeting ini dengan jarak yang bisa saja cukup jauh.

Coba hindari kejenuhan ini dengan menyelipkan waktu beristirahat dengan mengunjungi attraction lokal yang ada di sana. Tak perlu yang repot-repot, cobalah nikmati ragam kuliner jalanan yang menarik di tempat tujuan yang tidak ada di negara tempat kamu berasal. Atau menikmati coffee shop lokal saat sedang mempersiapkan slide presentasi untuk meeting yang berikutnya.

5. Tetap bugar dan sehat

Kondisi badan yang tetap bugar dan sehat tentunya sangat kamu perlukan saat harus berhadapa dengan sederetan jadwal meeting di luar negeri. Oleh karena itu, kamu perlu asupan makanan yang cukup dan tentu saja multivitamin agar tubuh tidak terserang penyakit ringan seperti flu dan yang lainnya.

Selain itu, jaga jam tidur kamu agar tubuh tetap terlihat bugar saat bertemu dengan klien untuk mempresentasikan ide-ide segar kamu. Tubuh yang lemas akibat kurang tidur akan meninggalkan kesan yang buruk dari klien.

Lima tips di atas kamu lakukan agar perjalanan bisnis kali ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala apa pun yang bisa menghadang. Selamat mencobanya!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.