Sukses

15 Makanan Enak di Bandung, Dari Kaki Lima hingga Resto Bintang Lima

Kota Bandung memang tetap menjadi tujuan wisata kuliner yang tak pernah membuat bosan.

Liputan6.com, Jakarta Bandung adalah kotanya makanan enak. Sebagai kota kuliner, Anda tak akan kesulitan mencari makanan enak di Bandung. Di setiap sudut jalan dan sepanjang hari. Mulai dari pagi hari hingga ke pagi lagi, petualangan kuliner Anda akan terpenuhi dengan mudah.

Kota Bandung memang tetap menjadi tujuan wisata kuliner yang tak pernah membuat bosan. Meskipun musim hujan, Bandung tetap asyik untuk dijadikan tempat berakhir pekan sambil menyantap makanan enak, baik bersama keluarga maupun bersama teman-teman.

Banyak kuliner di Bandung yang enak dan hits dengan berbagai macam jenis dan cara penyajian. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/12/2018), makanan enak di Bandung yang wajib kamu cicipi saat berkunjung di Bumi Siliwangi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan khas Bandung yang tak boleh dilewatkan

1. Batagor Hanjuang

Makanan enak di Bandung yang paling terkenal adalah batagor. Ada banyak pilihan batagor Bandung yang bisa kamu coba. Termasuk batagor Hanjuang yang terletak di Jalan Astina, Cicendo.

2. Cuanki Serayu

Cuanki merupakan makanan enak di Bandung sejenis bakso namun menggunakan kuah dari ikan. Cuanki yang paling banyak direkomendasikan di Bandung adalah Cuanki Serayu yang ada di Jalan Serayu No. 2, Cihapit.

3. Seblak Oces

Selain batagor, cuanki, atau cilok, makanan enak di Bandung yang khas lainnya adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Kamu bisa mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur. Ada 2 jenis seblak di sini yaitu seblak basah dan seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 12.000 tergantung dengan pilihan topping.

 

3 dari 6 halaman

Mi Yamin tentu menjadi favorit

4. Kuliner khas Pasundan di Kampung Daun Bandung

Ingin menyantap makanan enak di Bandung dalam satu lokasi? Kamu bisa berkunjung ke Kampung Daun. Tempat ini nggak cuma menyajikan makanan enak khas Pasundan, Jawa Barat saja. Tapi kamu juga bisa menikmati Soto Betawi, Soto Kudus hingga Nasi Liwet Solo. Untuk minumannya pun beragam dari bandrek atau wedang ronde yang menghangatkan badan hingga es cendol atau es cincau. Restoran ini berada di Jalan Sersan Bajuri No 88 Bandung.

5. Mi Yamin di Rumah Makan Linggarjati

Mi yamin merupakan salah satu makanan enak di Bandung. Kamu bisa menyantap makanan enak tersebut di Rumah Makan Linggarjati. Rumah makan khusus menyediakan aneka jenis mi ini terkenal karena menu yamin yang melegenda. Bahkan tempat ini disebut sebagai sesepuhnya mi yamin bakso di Kota Bandung. Berdiri sejak 1950, rumah makan ini berada di Jalan Balong Gede No 1.

6. Nasi Kalong

Makanan enak di Bandung ini terbuat dari beras merah yang kemudian dimasak dengan kluwek dan rempah sehingga menghasilkan nasi yang gurih dan enak meskipun dimakan tanpa menggunakan lauk. Jika kamu penasaran, datang saja ke Jalan RE Martadinata, Bandung.

4 dari 6 halaman

Yamie juga salah satu kuliner legendaris Bandung

7. Yamie di toko You Bandung

Makanan enak di Bandung yang sudah ada sejak lama adalah Yamie di Toko You Bandung. Toko You adalah satu tempat kuliner legendaris di Bandung dengan nuansa klasik yang sudah ada dari tahun 1947. Tempat makan ini menyajikan berbagai menu khas Indonesia dan Chinese food. Toko You memiliki ciri khas sebagai salah satu resto yang menjual kuliner-kuliner nostalgia tahun 1990-an. Menu favoritnya adalah yamie. Toko You ada di Jalan Hasanuddin No 12 Bandung."

8. Roti manis dari Toko Roti Sumber Hidangan

Roti buatan Toko Roti Sumber Hidangan merupakan makanan enak di Bandung yang wajib kamu cicipi. Berdiri sejak 1929, toko roti yang menjual aneka jenis kue Belanda dan roti ini berada di Jalan Braga No 22-22, Kota Bandung. Tetap mempertahankan rasa dan kualitasnya serta suasana yang masih dipertahankan seperti dulu membuat para pelanggannya bagai terseret lorong waktu dan kembali ke zaman sebelum tahun 45-an.

Toko ini merupakan salah satu perusahaan pembuat roti, kue dan aneka kudapan serba manis lainnya. Selain itu, tempat ini juga menjual es krim homemade dengan citarasa yang berbeda dengan es krim yang ada di zaman sekarang. Di sini, kamu masih bisa menemukan makanan enak khas Belanda. Ada Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes.

9. Batagor Riri

Salah satu makanan enak di Bandung paling enak dan terkenal adalah Batagor Riri. Tempat wisata di Bandung ini sudah ada sejak 1985. Dengan bumbu kacang yang spesial, batagor Riri menjadi idaman para wisatawan. Tidak hanya batagor, ditempat ini juga menyediakan jenis makanan enak lainnya seperti siomay, mi, bubur ayam dan aneka minuman jus. Batagor Riri ini sudah memiliki bebeapa cabang yang tersebar di kota Bandung. Salah satunya ada di Jalan Burangrang No. 41, Bandung.

5 dari 6 halaman

Tak hanya makanan berat, kopi dan roti yang lezat juga ada

10. Kopi susu dan roti selai sarikaya di Warung Kopi purnama

Makanan enak di Bandung yang wajib kamu coba adalah kopi susu dan roti selai sarikaya yang ada di Warung Kopi Purnama. Tempat kuliner ini sudah menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi semua kalangan. Warung ini sudah berdiri sejak 1930, dan masih eksis hingga sekarang. Awalnya, warung ini bernama “Chang Chong Seng” yang memiliki arti “sekali mencoba, kamu pasti suka”. Warung kopi legendaris ini menyajikan berbagai makanan enak di Bandung yang spesial nan unik yang bisa membuatmu tergoda. Mulai dari menu sarapan ala tempo dulu hingga makanan ringan seperti lumpia goreng. Warung Kopi Purnama alamatnya di Jalan Alkateri No. 22 Braga Bandung.

11. Roti Bakar Cari Rasa Kosambi

Roti Bakar Cari Rasa Kosambi merupakan makanan enak di Bandung yang legendaris yang sudah mengisi perut warga Bandung lebih dari 60 tahun. Dikenal dengan sebutan roti bumbu, roti isi ini sering jadi camilan dan oleh-oleh warga Bandung sejak tahun 1950. Bahkan Roti Cari Rasa diklaim sebagai roti bakar pertama di Bandung. Toko Roti ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No148 (Kosambi) Kota Bandung dan menyediakan lima varian menu dengan berbagai macam ukuran. Di antaranya adalah roti bumbu biasa, roti rasa cokelat, roti campur keju, roti keju, dan roti kornet.

12. Pisang bolen

Makanan enak satu ini merupakan oleh-oleh dari bandung yang paling dicari. Kue pisang berbalut pastry ini memang memiliki rasa yang empuk dan lezat. Tak heran makanan enak di Bandung ini disukai banyak orang mulai dari dewasa dampai anak-anak. Beberapa tempat yang menyajikan makanan enak di Bandung ini adalah Kartika Sari dan Mayasari.

6 dari 6 halaman

Penyuka martabak juga wajib coba kuliner yang satu ini

13. Iga Bakar si jangkung

Iga Bakar Si Jangkung menyajikan olahan masakan dari Ayam, Kambing dan Sapi. Pilihan masakannya lengkap, mulai dari Sop Iga, Iga Bakar Kambing, Iga Bakar Sapi, Sate Kambing & Ayam, Tongseng Kambing, Krengsengan Sapi, Gulai Kambing. Namun, makanan enak di Bandung yang menjadi favorit adalah iga bakar, olahan daging yang dipotong-potong diberi kecap dan dibakar dengan mangkuk yang terbuat dari tanah.

14. Martabak Mertua

Kedai Martabak Mertua merupakan tempat makanan enak di Bandung yang hits karena menyajikan martabak dengan topping keju melimpah dan rasa telur asin yang jadi favorit banyak orang. Jika ingin menyantap makanan enak ini jangan lupa untuk mengunjungi Martabak Mertua yang ada di Jalan Dipati Ukur saat sedang pergi ke Bandung.

15. Mie Rica Kejaksaan

Terakhir makanan enak di Bandung ada Mie Rica Kejaksaan yang harus masuk list bagi kamu yang ingin makan mie. Menu yang terkenal adalah mie rica dengan daging babi. Namun, buat kamu yang tidak makan daging babi bisa memesan mie dengan topping daging ayam yang rasanya dijamin tidak kalah nikmatnya dengan mie rica babi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.