Sukses

Mengenal Istri Jose Mourinho yang Aktif di Aksi Kemanusiaan

Liputan6.com, Jakarta - Kekalahan Manchester United (MU) oleh Liverpool, Minggu, 16 Desember 2018 berujung pada pemecatan Jose Mourinho. Keputusan manajemen MU ini membuat Jose menjadi perhatian publik seantero jagat.

Kabar pemecatan Jose Mourinho juga membuat kehidupan pribadinya kembali disorot. Tidak terkecuali dengan sang istri, Matilde Faria yang telah dinikahi Mourinho selama hampir 30 tahun.

Dilansir dari express.co.uk, Rabu (19/12/2018), Jose Mourinho dan Matilde Faria mengikat janji suci pernikahan pada 1989. Tami, demikian sapaan akrab Matilde Faria, bertemu dengan Jose Mourinho di Setabul, Portugal.

Kala itu, mereka masih remaja dan memutuskan menikah sebelum menginjak usia 18. Keluarga kecil Mourinho dan Tami dikaruniai dua buah hati yakni Matilde Mourinho pada 1996 dan Jose Mario Mourinho Jr. pada 2000.

Meski dikenal sebagai istri Jose Mourinho, namun tidak banyak detail yang tersebar mengenai Matilde Faria. Kendati demikian, perempuan kelahiran Angola dan besar di Portugal ini adalah sosok yang berperan penting dalam aksi kemanusiaan.

Matilde Faria ditunjuk sebagai Duta Besar Khusus untuk Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP) pada 2014. Sejak itu, ia bepergian ke seluruh dunia untuk menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

WFP mengatakan tentang peran Matilde Faria dalam aksi kemanusiaan. Sebut saja meningkatkan kesadaran dan dukungan pekerjaan WFP yang menyediakan makanan sekolah gratis bergizi untuk sekitar 24 juta anak-anak setiap tahunnya.

Sementara, Matilde Faria tak sendiri. Suaminya, Jose Mourinho juga tercatat sebagai Duta Besar untuk amal di tahun yang sama. Ia juga menyampaikan besarnya pengaruh anak-anak dan istrinya.

"Istri, putra, dan anak perempuan saya memiliki pengaruh terbesar pada diri saya, itu hal yang pasti," jelas Jose Mourinho kepada majalah Big Issue.

"Mengapa? karena mereka adalah bos dan mengendalikan semuanya di rumah," gurau Jose Mourinho.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Matilde Faria