Sukses

Cyntoia Brown Makin Banjir Dukungan, Gubernur Tennesse Didesak Berikan Grasi

Cyntoia Brown, korban kekerasan seksual dihukum penjara seumur hidup karena membunuh lelaki yang melecehkan dan melakukan kekerasan seksual kepadanya saat ia masih berusia kurang dari 16 tahun.

Liputan6.com, Jakarta – Dukungan terus mengalir bagi Cyntoia Brown yang sedang menjalani hukuman seumur hidup di Tennesse, Amerika Serikat (AS). Pada 2004 lalu, Brown terbukti dan mengaku membunuh seorang pria yang sering melakukan pelecehan dan kekerasan seksual pada dirinya.

Dalam persidangan, ia mengaku membunuh Johnny Mitchell Allen dengan pistol untuk membela diri. Hakim lalu memutuskan Brown dipenjara seumur hidup pada usia 16 tahun dan akan memenuhi syarat untuk dibebaskan setelah 51 tahun menjalani masa hukuman. Brown sekarang berusia 29 tahun dan baru akan mendapat hak pembebasan bersyarat hampir 40 tahun lagi, saat ia berumur 67 tahun.

Namun sejak itu, hukum di Tennesse berubah. Sekarang, siapa pun yang berusia 18 tahun atau lebih muda, tidak dapat dituntut karena kasus prostitusi. Perubahan hukum ini terjadi karena kasus Brown, tetapi sayangnya justru tidak banyak membantu Brown.

Karena itu, desakan untuk segera membebaskan Cyntoia Brown terus berdatangan. Dilansir dari Fox News Network, dukungan terbaru datang dari pimpinan Partai Demokrat di Tennesse, Senator Brenda Gilmore.

Ia ikut mendesak Gubernur Tennesse, Bill Haslam, untuk memberikan grasi atau pengampunan pada Brown sebelum ia meletakkan masa jabatan pada Januari 2019. Menurut Gilmore yang merupakan anggota Senat di negara bagian Tennesse, kalau keputusan belum juga diambil saat Haslam digantikan gubernur baru, ia akan dianggap gagal menegakkan hukum di Tennesse.

Sementara itu, Bill Haslam sudah berjanji akan memberikan keputusan terbaik dalam kasus Cyntoia Brown. "Saya akan meninjau kasus ini sama seperti kasus-kasus lainnya, tidak ada yang diistimewakan karena semua orang sama di mata hukum. Saya tak mau terburu-buru mengambil keputusan hanya karena jadi pembahasan banyak orang," ujarnya.

Dukungan untuk Cyntoia Brown juga datang dari sejumlah selebriti, seperti Kim Kardashian, Kanye West dan Rihanna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.