Sukses

Mengenal 6 Makanan Khas Bulgaria, Banyak Berisi Sayuran dan Keju

Liputan6.com, Jakarta – Tiap negara punya ciri khas tersendiri termasuk dalam hal makanan atau kuliner. Bahkan, ada negara yang sangat dikenal karena makanan khas mereka. Lalu bagaimana dengan Bulgaria?

Mungkin belum banyak yang tahu karena popularitas Bulgaria masih kalah dengan Prancis, Italia, Jerman atau bahkan Rusia dan Polandia. Padahal, mereka juga punya banyak makanan khas dengan beragam bahan dan kreasi.

Yang mungkin paling dikenal adalah orang Bulgaria sangat menyukai sayuran, termasuk salad dan bahan-bahan alami lainnya untuk disantap. Tentu saja bukan hanya salad yang jadi kuliner andalan.

Mereka juga sangat menyukai bahan-bahan herbal seperti daun peterseli. Dilansir dari lama visitmybulgaria.com, berikut ini enam makanan khas Bulgaria yang patut Anda coba.

Shopska Salad

Makanan pembuka dari Bulgaria yang paling terkenal adalah Shopska Salad yang sangat disukai masyarakat Bulgaria maupun wisatawan dari negara lain.

Salad ini punya beberapa kelebihan, seperti menggunakan sayuran segar termasuk tomat dan keju putih khas Bulgaria yang sangat gurih. Shopska Salad yang namanya berasal dari ibu kota Bulgaria, Sofia, cocok dimakan di berbagai kesempatan.

Tarator

Tarator atau sering disebut sup ketimun termasuk salah satu kuliner tradisional Bulgaria. Sup ini banyak diminati saat musim panas karena sensasi rasa dingin di dalamnya, tapi makanan ini tetap tersedia dan diminati sepanjang musim.

Sensasi rasa dingin dari sup ini datang dari berbagai bahan pembuatannya, di antaranya yogurt, ketimun, dan buah kenari.

2 dari 3 halaman

Banitsa

Makanan khas Bulgaria lainnya yang cukup dikenal adalah Banitsa. Hidangan sejenis roti bundar imi sering disajikan sebagai makanan pendamping yag bisa dinikmati dengan campuran beragam jenis makanan.

Yang sangat populer adalah Banitsa dengan isi keju putih dan telur. Masih banyak pilihan isi untuk Banitsa, termasuk labu dan kubis. Ada juga Banitsa berisi susu yang sering disantap sebagai pencuci mulut dan banyak disajikan untuk menu sarapan pagi.

Sarmi

Sarmi berbentuk seperti roti isi yang terbuat dari daun kubis dengan diisi potongan beras dan daging. Makanan ringan yang lumayan mengenyangkan ini tersedia dalam berbagai macam racikan dan isi serta termasuk populer di luar Bulgaria. Sarmi juga sering dihidangkan di berbagai perayaan khusus, seperti Natal.

3 dari 3 halaman

Patatnik

Makanan yang sekilas terlihat seperti martabak mi ini disebut Patatnik dan merupakan makanan khas wilayah Rhodope. Bahan utamanya adaalh kentang dan keju putih yang memang banyak disukai masyarakat Bulgaria.

Cara memasaknya bervariasi, bisa dengan direbus, dipanggang atau digoreng. Selain keju putih dan kentang, bahan-bahan pembuatan Patatnik terdiri dari telur, bawang merah, garam, lada, daun mint, dan lemak. Bisa juga ditambahkan yogurt atau sayur-sayuran.

Kebapches

Kebaches atau Kebaoche sekilas terlihat seperti sosis. Kuliner yang satu ini termasuk sangat disukai orang Bulgaria dan hampir selalu tersedia di meja makan mereka, bersama dengan Tarator dan Shopska Salad.

Kebapches terbuat dari potongan daging dengan berbagai macam bumbu, lalu dibakar atau dipanggang. Makanan yang biasanya disantap bersama kentang dan keju ini bisa dibuat dari berbagai macam daging.

Panjang Kepapches umumnya mencapai 15 cm dengan diameter tak lebih dari 3 cm. Tak hanya di Bulgaria, makanan ini juga jadi favorit di Serbia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan