Sukses

Kalahkan Paris, Kota di Jepang Ini Punya Banyak Restoran Terbaik

Liputan6.com, Jakarta – Kota mana yang dinilai mempunyai banyak restoran terbaik? Jawabannya bukan Paris tapi salah satu kota terbesar di Jepang yaitu Tokyo. baru saja terpilih sebagai pusat kuliner terbaik dunia di tahun ini menurut Michelin Guide 2019.

Ibu kota Jepang itu dinobatkan sebagai kota dengan restoran berbintang Michelin paling banyak di dunia versi Michelin Guide 2019. Pencapaian ini membuat Tokyo menjadi destinasi wisata kuliner nomor satu di dunia.

 

Michelin Guide terbit perdana pada 1900 dengan memuat berbagai informasi untuk para pengendara sepeda motor di Prancis mulai dari panduan pom bensin, hotel sampai restoran.

Michelin Guide kemudian fokus mengulas restoran dan mulai memberikan penghargaan sejak 2007.  Saat ini Michelin Guide diakui sebagai buku panduan bergengsi untuk gastronomi.

Yang jadi penilaian utama adalah dalam hal rasa, kualitas, dan pelayanan restoran.  Dilansir dari The Japan Times pada 27 November 2018, di Tokyo, Jepang, terdapat 230 restoran yang menerima penghargaan kuliner dari Michelin Guide 2019. 

Ada 13 restoran yang meraih bintang tiga atau bintang tertinggi di Michelin.  Sedangkan 52 restoran mendapatkan bintang dua dan 165 restoran meraih bintang satu.

2 dari 2 halaman

Enak dan Terjangkau

Daftar restoran itu terdapat dalam Michelin Guide Tokyo 2019 yang baru saja dirilis pekan lalu.  Panduan itu memuat 254 restoran dengan gelar Bib Gourmand atau restoran yang menyajikan makanan dengan sangat baik tapi dengan harga terjangkau.

Ada beberapa nama lama mendominasi daftar restoran Michelin berbintang tiga, seperti Quintessence, Joel Robuchon, dan Sukiyabashi Jiro Honten yang mempertahankan status bintang tiga sejak panduan itu diterbitkan pada 2007.

Dengan jumlah 254 restoran, Tokyo mengungguli kota senegaranya, Kyoto yang memiliki 203 restoran berbintang Michelin. Sementara Paris yang merupakan kota asal Michelin, hanya mempunyai 113 restoran berbintang Michelin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Didera Demonstrasi Berujung Bentrok, Prancis Tunda Kenaikan Harga BBM
Artikel Selanjutnya
Tanggulangi HIV/AIDS, Prancis Akan Ganti Uang Pembelian Kondom