Sukses

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas, Sederhana dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma rambut dan kulit indah, bibir juga menjadi salah satu faktor yang membuat wanita terlihat sehat dan cantik. Bibir yang kering dan pecah-pecah selain mengganggu penampilan, juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi.

Bibir sendiri merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan bagi beberapa wanita. Bentuk bibir menjadi salah satu daya tarik wanita. Mempunyai bibir yang sehat tentu menjadi nilai tambah bagi wanita. Namun, beberapa wanita sering mengeluhkan bibirnya yang kering dan pecah-pecah. Memakai lipstik yang bertujuan supaya bibir terlihat lebih indah justru dapat membuat bibir terlihat buruk ketika sedang kering dan pecah-pecah, membuat wanita kurang percaya diri.

Kulit bibir juga tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, perubahan temperatur, angin, dan pengaruh AC. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin, yaitu pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkan bagian kulitnya.

Kelembapan akan hilang melalui bibir daripada melalui bagian wajah atau tubuh yang lain. Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir dapat menjadi kaku dan mulai pecah-pecah. Bibir dapat pecah dan kering ketika mereka kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas

1. Bernapas lewat mulut.

Bagi kamu yang suka napas melalui mulut saat sedang membutuhkan banyak oksigen, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Bernapas melalui mulut dapat membuat bibir kering karena udara yang lewat saat bernapas dapat menghilangkan kelembapan bibir.

2. Menjilat bibir.

Bibir juga bisa kering dan pecah-pecah karena kamu sering menjilat bibir. Kamu mungkin akan menjilat bibir ketika merasa bibirmu kering untuk melembapkannya. Namun, yang terjadi justru membuat bibir menjadi kering. Menjilat bibir membuat bibir lembap hanya dalam waktu singkat. Kelembaban ini akan menghilang karena cepat menguap dan membuat bibir menjadi kering kembali.

3. Enzim.

Enzim pada cairan ludah berfungsi untuk memecah zat gizi pada makanan saat pertama kali masuk ke mulut. Nah, ternyata enzim ini melakukan hal yang sama pada bibir sehingga bibir cepat kering. Kebiasaan menggigit bibir juga dapat membuat bibir kering.

4. Kekurangan zat gizi.

Bibir kering juga dapat menjadi tanda tubuh kita sedang kekurangan zat gizi tertentu. Bibir kering dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan asam folat dan riboflavin atau vitamin B2. Bibir kering juga dapat menjadi tanda dehidrasi atau tubuh sedang kekurangan caira

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Bibir sehat akan terlihat lebih indah dan menarik. Untuk membuatnya tetap sehat, bibir juga perlu perawatan. Berikut cara mengatasi bibir kering dan mengelupas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/11/2018).

1. Banyak minum air

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan banyak minum air. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Jangan menjilat bibir

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah jangan menjilat bibir. Kamu sudah tahu kan, kalau ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

3. Memakai lip balm

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah dengan memakai lip balm. Lip balm membuat bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15, di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

4. Lindungi bibir dari paparan bahan kimia saat menggunakan produk perawatan wajah

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas selanjutnya dengan melindungi bibir dari produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah, seperti krim anti jerawat, krim anti penuaan, atau masker, biasanya mengandung bahan kimia yang ditujukan untuk mengangkat lapisan kulit mati atau untuk mengeringkan jerawat. Ingat, bibir mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah. Sehingga jika bibir terpapar bahan kimia ini, maka bibir akan kering. Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir untuk menghalangi bibir terpapar bahan kimia tersebut.

5. Pilih lipstik yang sesuai

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas lainnya adalah dengan memilih lipstik yang sesuai. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir karena alkohol cepat menguap. Namun, karena alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibirmu.

6. Gunakan madu sebelum tidur

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan menggunakan madu sebelum tidur. Madu merupakan cara alami untuk menghilangkan bibir kering. Sesaat sebelum tidur, oleskan madu tipis-tipis pada bibir dan biarkan hingga pagi.

7. Menjaga makanan

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan menjaga makan. Pepaya, kacang serta biji-bijian mengandung vitamin, mineral dan asam lemak yang membuat kulit bibir lembut dan lentur. Selain itu, mengonsumsi banyak buah juga bisa jadi salah satu cara untuk membuat bibir tetap lembab.

Jika kamu menginginkan bibir agar tak mudah kering, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Kedua makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibit cepat kering. Di samping itu, makanan asing dan manis juga menyebabkan kita lebih mudah lapar.

8. Sering melakukan eksfoliasi

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan rutin melakukan eksfoliasi. Untuk melakukan hal ini kamu bisa menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Hal tersebut dipercaya dapat melepaskan sel-sel mati pada area bibir. Jika kamu rajin melakukan hal ini saat ramadan, bibir tak mudah untuk menjadi kering dan selalu terasa halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini