Sukses

Makna di Balik Ritual Puja yang Dijalani Priyanka Chopra dan Nick Jonas Sebelum Menikah

Jalani prosesi pernikahan ala India, mari telisik makna di balik ritual puja yang dijalani Priyanka Chopra dan Nick Jonas sebelum menikah.

Liputan6.com, Jakarta Hitung mundur menuju hari pernikahan pasangan Priyanka Chopra dan Nick Jonas makin mendekati akhir. Dilansir dari accessonline.com, Kamis (29/11/2018), Rabu, 28 November 2018, Nick dan Priyanka baru saja menjalani ritual puja di rumah ibunda calon mempelai perempuan di Mumbai, India.

Co-founder Elegant Events sekaligus perencana pernikahan Seema Chenam menjelaskan, ritual tersebut merupakan cara calon pengantin meminta berkah Tuhan atas pernikahan yang bakal segera berlangsung.

"Biasanya, itu (ritual puja) dilakukan untuk meminta berkah Dewa Ganesha," ujar Chenam. Doa dari ritual ini dimaksudkan untuk memberi berkat pada pernikahan yang akan berlangsung dan meniadakan berbagai rintangan.

"Ketika menjalani ritual puja, pendeta biasanya akan meletakkan, kami biasa menyebutkan tika, di kening. Kau tahu, titik berwarna merah yang merupakan lambang keberkahan dari pendeta, juga Tuhan," paparnya.

Dalam prosesi tersebut, Priyanka Chopra terlihat memakai busana berwarna baby blue dengan ornamen merah muda, sementara Nick tampak mengenakan kurta pink. Bersama pakaian tradisional ala India itu, mereka kompak memakai aksesori berupa kacamata hitam.

Puja merupakan satu dari rangkaian prosesi yang dijalani dalam pernikahan ala India. Chenam menjelaskan, terdapat beberapa prosesi lain sebelum akhirnya calon pengantin dinyatakan sah sebagai suami dan istri.

Beberapa di antaranya adalah ritual mehendi, di mana calon pengantin perempuan akan memakai henna di tangannya sebagai simbol keberuntungan. Kemudian, ada pula ritual haldi, yakni calon mempelai perempuan dan laki-laki akan melumuri seluruh tubuhnya dengan ekstrak kunyit agar kulit mereka lebih cerah dan untuk mengusir nasib buruk.

Dalam beberapa kesempatan, ada pula ritual sangeet, di mana berdasarkan keterangan Chenam, merupakan waktu semua orang merayakan pernikahan tersebut. "Orang-orang akan menari. Kami memiliki banyak ritual yang masing-masing memiliki makna. Tapi untuk satu ini, semua orang harus bersenang-senang," ujarnya.

Berdasarkan laporan India Today, seperti dikutip Kamis (29/11/2018), Nick Jonas dan Priyanka Chopra dikatakan bakal menggelar ritual sangeet, di mana Nick disebutkan akan berjoget ala lelaki Bollywood bersama Priyanka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.