Sukses

6 Manfaat Bunga Tabebuya yang Bikin Surabaya Secantik Musim Semi di Jepang

Bisa membuat udara lebih bersih dan sederet manfaat lain bunga tabebuya. Surabaya bulan ini secantik musim semi di Jepang!

Liputan6.com, Jakarta - Jepang? Bukan! Pemandangan ala musim semi di Negeri Sakura ini seolah diboyong ke Surabaya, Jawa Timur, lewat bermekarannya bunga tabebuya di sejumlah jalan protokol. Dengan kelopak berwarna kuning, merah muda, dan putih, tanaman asal Brasil ini mempercantik jalanan Kota Pahlawan.

Namun demikian, tanaman yang juga dikenal dengan nama tabebuia rosea ini tak semata menyedapkan pandangan. Bersama dengan keindahan yang ditawarkan, bunga tabebuya juga memiliki sederet manfaat. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (29/11/2018).

Bisa melawan malaria

Dengan kandungan berupa naphthoquinone, bunga tabebuya yang sudah diproses menjadi obat herbal ternyata ampuh melawan penyakit malaria. Di samping itu, dengan dosis yang tepat, bunga tabebuya juga bisa memperkuat sistem imun untuk mencegah infeksi.

Membuat udara di sekitar lebih bersih

Bunga tabebuya yang bermekaran di bulan November ini memiliki struktur ranting rindang, serta pohon tidak terlalu tinggi. Pohon tersebut berfungsi untuk penyerapan karbon, serta polusi kendaraan. Jadi, udara sekitar bisa lebih bersih.

Sebagai tanaman hias

Dengan bentuknya yang tak sebegitu besar dan tinggi, pohon bunga tabebuya disebut cocok dijadikan tanaman hias di halaman rumah Anda. Warna bunganya yang bermunculan ketika mekar jadi bonus lain.

Penyembuh luka

Daun dari pohon bunga tabebuya sering kali dimanfaatkan untuk mengobati luka, bahkan menurunkan panas. Merupakan sumber tanaman herbal, pohon ini juga dimanfaatkan sebagai penambah sel darah secara alami bagi pasien pengidap anemia.

Mengobati flu

Akar pohon bunga tabebuya cenderung kering dan di beberapa negara dimanfaatkan sebagai bahan pembuat teh yang disebut tahibo. Walau rasanya kurang menyenangkan, namun minumn ini bisa mengobati flu yang sering menyerang ketika cuaca lebih dingin.

Dimanfaatkan untuk pupuk

Bunga dari pohon tabebuya dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengumpulkan bunga dari pohon tabebuya yang telah berjatuhan, kemudian diamkan selama beberapa hari. Setelah mengalami pembusukan, maka bunga tersebut bisa dijadikan pupuk.

Terlepas dari semua manfaat yang telah disebutkan di atas, penggunaan pohon bunga tabebuya sebagai pengobatan herbal bisa juga berbahaya. Pasal, komponen aktif di dalam tanaman tersebut juga mengandung racun yang bisa mematikan jika diolah dengan keliru.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.