Sukses

Ketahui 4 Sebab Utama Perceraian Menurut Psikolog

Liputan6.com, Jakarta - Maksud hati ingin menghabiskan waktu bersama hingga maut memisahkan. melewati semua keadaan dengan tetap bergandeng tangan, dan menguatkan satu sama lain, takdir ternyata tak sama untuk semua pasangan suami-istri. Beberapa di antaranya memilih untuk bercerai.

Keputusan yang tentu tidak mudah. Pertimbangannya sudah sangat panjang dan mungkin telah melalui lusinan diskusi. Namun, kalau hati sudah berkata cukup, maka berbagai risiko yang mengiringi sanggup diemban.

Mengingat sekarang perceraian sudah makin umum dan sering mempir ke telinga banyak orang, termasuk Anda, sebenarnya apa sih sebab-sebab utama pasutri memutuskan berpisah setelah sekian lama menikah? Mari simak ulasannya menurut psikolog seperti dikutip dari psychologytoday.com, Kamis (22/11/2018).

Kurang komunikasi

Sebab pertama, yakni kurangnya komunikasi. Ketika pasangan tak ada yang mau bicara, entah karena ego masing-masing untuk mengesampingkan konflik atau menghindari membahas masalah yang tak nyaman. Kurangnya komunikasi bisa jadi salah paham yang berakibat fatal.

Komunikasi yang kurang, bahkan tidak sama sekali, akan memperbesar jarak suami-istri. Satu rumah, tapi seperti berada di dekat orang asing. Masalah pun tak kunjung selesai jika tidak ada komunikasi antar kalian.

Menyimpan prasangka buruk

Jika memiliki perasaan negatif, jangan disimpan. Menyimpan perasaan negatif bisa berakibat buruk, bukan hanya untuk fisik, tapi juga mental. Namun, jangan juga selalu mengeluarkan pemikiran dan perasaan negatif terhadap pasangan.

Kalau penyampaiannya salah, atmosfer di antara kalian bisa jadi panas dan pertengkaran hampir menyusul di belakangnya. Jika dirasa ada yang kurang menyenangkan dan mengganggu, lebih baik segera utarakan dengan baik-baik.

Lupa menunjukkan kasih sayang

Menunjukkan rasa sayang, meski sepele, ternyata memiliki efek sangat besar dalam hubungan suami istri. Ketika suami atau istri kurang mendapat rasa sayang di rumah, mereka akan cenderung mencari penghargaan dan rasa sayang di luar rumah. Perselingkuhan akhirnya tak terhindarkan. Inilah yang menjadi salah satu sebab utama mengapa perceraian terjadi.

Kehilangan rasa memiliki

Jika suami tak merasa membutuhkan kehadiran istri lagi atau sebaliknya, perlahan ia juga akan kehilangan rasa memiliki dan tanggung jawab. Perasaan ini akan membuat pasangan suami istri jadi saling menjauh dan menghindar satu sama lain. Ini juga bisa jadi pemicu perceraian(Ivana Okta)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Teh Mawar Ternyata Bisa Melangsingkan Tubuh
Artikel Selanjutnya
Romantis dan Banyak Pertimbangan, Ini Fakta Perempuan Berzodiak Libra