Sukses

Gisel Gugat Cerai Gading Marten, Sejauh Apa Perbedaan Usia Pengaruhi Pernikahan?

Liputan6.com, Jakarta Berita retaknya rumah tangga pasangan selebritas Gading Marten dan Gisella Anastasia mengejutkan banyak pihak. Gugatan cerai Gisella Anastasia tercatat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor perkara 908/Pdt.G/2018/PN JKT/SEL. 

Kabar gugat cerai tersebut seakan menghapus cerita rumah tangga Gading Marten dan Gisella Anastasia yang dianggap adem ayem. Hingga kini, penyebab keretakan hubungan Gisel dan Gading belum diketahui. 

Meski begitu, ada beberapa hal yang diyakini masyarakat umum memengaruhi sebuah pernikahan, di antaranya pautan usia pasangan dan kendala-kendala yang dihadapi terkait usia pernikahan.

Menilik dari usia, Gisel dan Gading memiliki perbedaan umur cukup jauh. Gading Marten lahir pada 8 Mei 1982. Sementara, sang istri penyanyi Gisella Anastasia baru saja berulang tahun yang ke-28 pada 16 November lalu. 

Mengutip Times of India pada Rabu (21/11/2018), sebuah penelitian di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat, mengaitkan antara perbedaan usia pasangan yang telah menikah dengan kemungkinan untuk bercerai. Hasilnya lumayan mengejutkan. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko bercerai meningkat seiring jauhnya perbedaan usia

Setelah mengevaluasi tiga ribu peserta, studi tersebut mengungkapkan bahwa pasangan dengan kesenjangan usia lima tahun, 18 persen lebih berisiko bercerai ketimbang mereka yang hanya berbeda satu tahun. Probabilitas perceraian semakin meningkat seiring semakin besarnya perbedaan usia.

Bagi mereka yang memiliki pasangan dengan jarak usia 10 tahun, persentase perceraian meningkat menjadi 39 persen. Sementara perbedaan 20 tahun membuat angka risiko perceraian hingga 95 persen.

"Kepuasan pernikahan menurun lebih cepat dari waktu ke waktu bagi pria dan wanita yang memiliki kesenjangan usia yang besar dengan pasangan mereka," ujar profesor ekonomi Terra McKinnis dalam sebuah penelitian yang terpisah.

"Hal ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki kesenjangan usia yang lebih kecil," tambahnya dikutip dari Fatherly.

Entah apakah faktor tersebut juga mempengaruhi pernikahan Gading Marten dan Gisella Anastasia. Kami berharap keduanya mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.