Sukses

Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri di Rumah, Kenyal dan Enak

Liputan6.com, Jakarta Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Cara membuat bakso sapi sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Cara membuat bakso sapi sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni 'daging giling'. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Cara membuat bakso sapi pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya. Cara membuat bakso sapi pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso. Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh pedagang bakso.

2 dari 6 halaman

Bahaya bakso dicampur boraks

Sempat geger adanya bakso yang dicampur dengan boraks dengan dalih agar lebih awet. Padahal boraks sendiri dapat menyebabkan kanker hati. Cara mengenali bakso yang menggunakan boraks mudah saja :Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika kamu melemparkan bakso tersebut bisa memantul dan tidak menempel pada lantai.

Jika kamu membeli bakso, biarkan pada tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso tersebut masih awet, bahkan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang hinggap atau bahkan hanya lewat di atasnya.

Bakso boraks akan memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, muncul juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih agar mendapat untung yang lebih besar. Bakso tikus ini cenderung mudah pecah jika dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya pun lebih amis. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, kamu patut curiga bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.

Nah, mengerikan bukan jika ternyata bakso yang dijual di pinggir-pinggir jalan bahkan restoran ternyata menggunakan bahan yang membahayakan dan sudah pasti memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Daripada mengambil risiko memakan bakso yang tidak jelas asal-usul pembuatannya, lebih baik membuat sendiri. Berikut cara membuat bakso sapi yang kenyal dan enak seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/11/2018).

3 dari 6 halaman

Bahan cara membuat bakso sapi:

1 kg daging sapi, giling

50 gram tepung kanji

1 butir telur

2 sdt lada bubuk

1 sdt garam

4 siung bawang putih, haluskan

40 gram es batu, hancurkan

2 L air

4 dari 6 halaman

Cara membuat bakso sapi:

1. Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan.

2. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

3. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

4. Rebus air dalam panci sampai mendidih.

5. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.

6. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.

7. Lanjutkan hingga semua adonan habis.

8. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat.

5 dari 6 halaman

Bahan cara membuat bakso sapi kuah:

1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi

12 siung bawang putih, sampai halus untuk ditumis nantinya.

1 bungkus kaldu sapi instan

Merica halus secukupnya

Garam secukupnya

1 liter air bersih

Artikel menarik lainnya.

6 dari 6 halaman

Cara membuat bakso sapi kuah:

1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.

2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.

3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.

4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.

5. Masukkan tumisan bawang putih bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.

6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.