Sukses

Cara Membuat Roti Bakar ala Prancis, Enak dan Pas Buat Sarapan

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak suka dengan roti bakar. Rasanya yang gurih, manis dan lembut membuat hampir semua orang suka dengan roti bakar. Untuk menikmati roti bakar, biasanya seseorang akan membelinya di warung atau kedai roti bakar yang ada di pinggir jalan sekitar rumah karena dianggap lebih praktis, murah dan rasa roti juga enak.

Buat kamu yang memang tidak punya banyak waktu untuk membuat sarapan, biasanya pasti lebih memilih untuk sarapan dengan roti. Roti merupakan solusi bagi mereka yang memang sangat sibuk hingga tidak sempat untuk menyiapkan sarapan. Biasanya kamu akan menyajikan roti tawar bersama dengan selai atau diolesi mentega. Kandungan karbohidrat yang ada pada roti memang menjadi sumber tenaga dan menjaga perut tetap kenyang.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba sarapan roti dengan cara yang berbeda, kamu bisa mencoba roti bakar ala Prancis atau french toast. Cara membuat roti bakar Prancis yang terkenal dengan nama French Toast yang berartian Roti Telur dari Perancis atau Gipsy Bread merupakan salah satu menu sarapan yang enak dan bergizi.

2 dari 5 halaman

Lezat disajikan dengan topping manis atau gurih

Cara membuat roti bakar Prancis terbuat dari roti tawar yang dicelupkan ke dalam kocokan telur kemudian digoreng di wajan anti lengket atau pan. Namun ada juga kreasi French Toast yang memasukkan satu telur ayam utuh di atas roti ketika roti digoreng.

Sajian lezat seperti roti bakar ala Prancis dapat dinikmati dengan rasa manis atau asin gurih. Paling enak dimakan bersama segelas susu hangat untuk menu sarapan pagi yang praktis atau bisa juga dinikmati bersama teh manis hangat dan kopi ketika bersantai. Ketika roti bakar Prancis ini disajikan dalam rasa manis, maka bahan-bahan yang diperlukan adalah gula, susu, krim kental, vanila serta serbuk kayu manis yang ditambahkan ke roti sebelum proses digoreng.

Agar semakin legit, biasanya roti bakar Prancis manis disajikan bersama cucuran madu serta potongan buah stroberi, anggur, melon, kiwi, aneka selai seperti selai kacang, selai cokelat, selai nanas, selai stroberry, mentega, peanut butter, yogurt, taburan gula pasir, kacang cincang, es krim, buah kering dan lain sebagainya yang memberikan sensasi komplet lezatnya. Berikut cara membuat roti bakar Prancis seperti yang dirangkum Liputan6.com, Sabtu (03/11/2018). 

3 dari 5 halaman

Bahan cara membuat roti bakar:

6 lembar roti tawar

2 butir telur

100 ml susu cair (bisa menggunakan susu bubuk 2 sendok makan + air 100 ml)

1 sdt vanila ekstrak

1 sdt parutan kulit jeruk lemon (option)

1 sdt kayu manis bubuk

2 sdm gula pasir

Margarin secukupnya (digunakan untuk menggoreng roti tawar)

4 dari 5 halaman

Bahan pelengkap cara membuat roti bakar:

Madu secukupnya

Selai secukupnya

Gula bubuk secukupnya

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Bakar Prancis:

1. Langkah awal, masukkan telur ke dalam wadah lalu kocok.

2. Tambahkan susu cair, kayu manis bubuk, gula pasir, dan vanila ekstrak. Aduk rata hingga gula larut.

3. Setelah itu celupkan roti hingga permukaan roti terendam selama 2 menit. Kamu bisa memindahkan adonan telur tadi ke loyang untuk memudahkan perendamannya.

4. Selanjutnya siapkan pan datar anti lengket atau teflon, beri 1/2 sendok makan margarin dan panaskan hingga mencair.

5. Goreng roti sambil ditekan-tekan dengan spatula.

6. Balikkan roti dan lakukan hal serupa hingga roti habis.

7. Angkat roti jika sudah matang dan siap disantap bersama bahan pelengkap seperti madu, selai, gula bubuk atau bisa disesuaikan dengan selera.

Loading