Sukses

Kuliner Malam Jumat: Surabi Durian Lembut yang Menggoda Mulut

Malam ini cari inspirasi untuk makan sambil nongkrong? Makan surabi durian saja, yuk!

Liputan6.com, Jakarta - Ingin santai bersama teman, pacar, atau keluarga sambil menikmati surabi, Rumah Surabi 74 bisa menjadi pilihan. Lokasinya di Jalan Cipto Mangunkusumo, Sudimara Timur, Ciledug, Tangerang.

Beragam jenis surabi bisa Anda nikmati sambil diiringi alunan musik. Di antaranya rasa durian, kinca durian, durian keju, telur, keju susu, nangka keju, dan lainnya.

"Surabi rasa durian dan choco meal yang paling digemari pelanggan. Itu biasanya sering dipesan para muda-mudi. Bagi mereka yang suka dengan yang manis-manis, choco meal durian itu rasanya nampol banget," ujar Ujang, karyawan Rumah Surabi 74 itu kepada Liputan6.com, baru-baru ini.

Untuk menikmati choco meal durian dan durian keju, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 22 ribu. Sementara, harga surabi kinca original harganya Rp 15 ribu.

Dibanding surabi yang ada selama ini, lelaki yang telah mengenal surabi selama delapan tahun mengklaim, yang diproduksi Rumah Surabi 74 teksturnya sangat lembut hingga terasa lezat di mulut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beda Surabi dan Serabi

Rumah Surabi berdiri sejak tujuh bulan lalu. Berbeda dengan serabi, surabi dari Rumah Surabi ini teksturnya tergolong lebih lembut.

"Surabi itu dari Bandung, bentuknya lebih besar dan teksturnya lembut, sedangkan serabi identik dari Jawa bentuknya lebih kecil, seperti serabi Solo. Serabi itu bisa dilipat-lipat, sedangkan surabi itu nggak bisa dilipat. Itu bedanya surabi dengan serabi," kata Ujang.

Ujang menilai, selama ini banyak orang belum mengetahui tentang perbedaan antara surabi dengan serabi. Hidangan spesial Rumah Surabi adalah chocomeal durian.

Untuk mereka yang ingin menikmati surabi di tempat ini, Rumah Surabi buka tiap hari. Senin-Jumat dari pukul 11.00-23.00 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu buka tiap pukul 12.00-00 WIB.

3 dari 3 halaman

Cara Pembuatan Surabi

Untuk membuat surabi, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, santan, gula pasir, garam, air, fermipan, dan mentega yang dicairkan. Sedangkan, toppingnya adalah keju, meses, dan lainnya.

Setelah bahan disiapkan, masak santan dan garam hingga mendidih. Lalu, campurkan di wadah, tepung beras, gula, fermipan, air, dan mentega cair.

Setelah santan panas, campur ke dalam adonan tepung. Lalu, aduk hingga rata. Setelah menjadi adonan, kemudian dimasak di kuali atau wadah yang cekung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.