Sukses

13 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Permanen, Mudah dan Murah

Ada cara memerahkan bibir yang lebih aman dan alami tanpa harus sulam bibir.

Liputan6.com, Jakarta Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang bisa mempercantik penampilan. Bagi para perempuan memiliki bibir merah merona menjadi impian. Pasalnya, warna bibir gelap terlihat kurang segar dan lembab sehingga banyak orang yang lebih suka warna bibir merah. Selain itu warna bibir merah juga menunjang penampilan terlihat lebih fresh dan lebih menarik.

Keindahan bibir dilihat dari bentuk dan warnanya, konon bibir dengan warna merah merona merupakaan dambaan setiap wanita. Begitu pentingnya bibir bagi penampilan kaum Hawa, bahkan membuat orang rela melakukan berbagai cara memerahkan bibir.

Tak dipungkiri, untuk memerahkan bibir membuat orang rela merogoh kocek dalam untuk perawatan bibir. Bahkan teknologi terbaru yang menawarkan sulam bibir agar tampilan bibir selalu merah dan bentuknya juga indah rela dilakukan.

Namun sebenarnya ada cara memerahkan bibir yang lebih aman dan alami. Bahkan bahan-bahannya mudah didapatkan, proses perawatannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelum mengulas cara memerahkan bibir secara alami, yuk simak dulu tips menjaga kesehatan bibir agar tetap cerah memesona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara Menjaga Kecerahan Bibir

1. Hindari rokok, kopi, soda dan alkohol

Bukan rahasia lagi jika kopi, soda, rokok dan alkohol akan membuat bibir kering. Zat seperti nikotin, dan senyawa lainnya akan meninggalkan bekas pada permukaan bibir kamu dan menyebabkan sel kulit mati yang berdampak bibir terlihat kusam dan menghitam.

2. Hindari menjilat bibir

Mungkin sebagian dari kamu sering melakukan ini, tapi mulai sekarang sebaiknya hindari menjilat bibir. Kebiasaan ini sekilas memang membuat bibir tampak basah, namun setelah kering air liur justru akan membuat bibir terasa lebih mudah kering.

 

3 dari 9 halaman

3. Jangan gunakan lipstik terlalu sering

Warna bibir yang merah membuat seseorang terlihat lebih menarik. Itulah alasan mengapa banyak wanita yang menggunakan lipstik setiap hari untuk membuat bibir mereka tampak merah dan cerah. Namun, penggunaan lipstik yang terlalu sering justru akan membuat bibir menjadi lebih cepat kering dan mudah pecah-pecah. Apalagi jika lipstik mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

4. Perbanyak konsumsi buah

Sayuran dan buah mengandung peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Buah-buah yang mengandung vitamin e dan c merupakan yang paling dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembaban agar tidak kering dan kusam.

Nah, jika sudah tahu tips-tipsnya, yuk cari tahu cara memerahkan bibir secara alami. Berikut ini LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (01/11/2018) ini cara memerahkan bibir secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

4 dari 9 halaman

Cara Memerahkan Bibir

1. Oleskan madu

Cara memerahkan bibir secara alami adalah dengan mengoleskan madu pada bibir. Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Dengan begini, kulit bibir akan terlihat lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati, sehingga kulit bibir akan beregenerasi dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Oleskan perasan jeruk nipis ke bibir selama 5 menit, kemudan diamkan selama 30 menit agar perasan jeruk nipis meresap sempurna ke kulit bibir. Lakukan secara rutin minimal dua kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini akan membuat bibir kamu menjadi merah merona secara alami dengan hasil yang maksimal.

5 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami dengan susu dan minyak almond

3. Minyak almond

Kandungan emollient dalam minyak almond dapat kamu gunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Minyak yang terkandung dalam almond dapat menghaluskan kulit bibir yang kusam dan memerahkan bibir secara alami. Oleskan minyak almond pada bibir dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Susu

Susu mengandung asam laktat yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit termasuk mencerahkan bibir. Kamu dapat mengoleskan susu murni pada permukaan bibir sebagai cara memerahkan bibir secara alami, melembabkan dan mengangkat sel kulit mati pada bibir.

6 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami dengan minyak zaitun dan kunyit & madu

5. Minyak zaitun

Cara memerahkan bibir selanjutnya ialah dengan menggunakan olesan minyak zaitun. Minyak zaitun sejak lama dikenal kayak akan manfaat untuk kecantikan kulit dan perawatan tubuh. Kandungan vitamin E yang tingi, membuat minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kulit, termasuk kulit bibir kamu.

6. Kunyit dan madu

Kandungan curcuminoid dalam kunyit dapat membantu meningkatkan kolagen pada bermukaan bibir. Sementara madu bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kelembaban permukaan bibir. Cara memerahkan bibir secara alami dengan kunyit dan madu adalah: Campurkan bubuk kunyit satu sendok teh dengan madu secukupnya, jangan terlalu banyak madu agar terbentuk krim. Oleskan adonan pada permukaan bibir secara merata disertai dengan pijatan lembut. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan bibir merah alami.

7 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami dengan stroberi dan alpukat

7. Stroberi

Strawberry merupakan pemerah bibir yang alami karena kandungan vitamin C-nya. Cara memerahkan bibir secara alami:Belah buah strawberry jadi dua lalu bagianOles-oleskan pada bibir. Biarkan selama 15 menit.Bilas dengan air bersih

8. Alpukat

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya dengan memanfaatkan alpukat. Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya bagi kesehatan tubuh tapi juga kecantikan. Salah satu khasiat alpukat untuk kecantikan ialah guna perawatan bibir. Alpukat sudah dikenal sejak lama mampu memerahkan bibir dengan cepat, sehingga banyak yang menggunakan scrub alpukat sebagai pemerah bibir alami. Cara memerahkan bibir dengan alpukat:Haluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

8 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami dengan delima dan pasta gigi

9. Buah Delima

Buah delima merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kusam pada bibir. Selain itu buah delima juga akan menutrisi bibir dan melembabkannya.

Cara memerahkan bibir dengan buah delima:

Cuci bersih 1 buah delima, kemudian hancurkanHancurkan buah hingga halus kemudian campurkan dengan 1 sendok air mawar atau susu. Oleskan campuran ini pada permukaan bibir sembari digosok searah selama 5 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya dan lakukan setiap hari sebelum tidur.

10. Pasta gigi

Cara memerahkan bibir secara alami bisa juga dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi kaya akan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya baik untuk mempercepat proses regenerasi kulit.

Cara memerahkan bibir dengan pasta gigi: Aplikasikan pasta gigi pada bibir. Diamkan selama 15 menitLalu bilas dengan air bersih

Selain melakukan perawatan dengan bahan alami, berikut ini langkah-langkah cara memerahkan bibir.

9 dari 9 halaman

Langkah-Langkah Memerahkan Bibir

1. Eksfoliasi Bibir

Cara memerahkan bibir secara alami adalah rutin melakukan eksfoliasi bibir. Cara yang harus kamu lakukan adalah menggosok kulit mati di bibir kamu sampai terkelupas. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan bibir merah alami. Oleskan gula atau madu pada bibirmu, kemudian gosok perlahan. Setelah selesai menggosok, sekalah hingga kering. Setelah itu, oleskanlah lip balm pada bibir.

2. Rajin minum air mineral

Salah satu cara agar bibirmu tetap sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan air. Tubuh butuh 2 hingga 3 liter per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kurangi juga minuman lain seperti kopi atau alkohol.

3. Jauhi sinar matahari

Berubahnya warna bibir kamu juga bisa disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk itu kamu wajib menggunakan lip balm yang berfungsi sebagai tabir surya dengan minimal kandungan SPF 15.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.