Sukses

Cara Memasak Kepiting Saus Tiram Selezat Restoran

Cara memasak kepiting ternyata tak sesulit yang dibayangkan

Liputan6.com, Jakarta Kepiting memang salah satu jenis binatang laut yang menggiurkan untuk dimasak. Kepiting bisa dibilang merupakan primadona olahan seafood. Bahkan seringkali jadi menu mewah di resto seafood. Meski daging kepiting memang sedikit, tapi rasanya tak kalah nikmat dengan daging ayam dan sapi.

Nah, daripada repot kalau mau makan kepiting harus ke restoran dan bayar mahal, lebih baik coba sendiri cara memasak kepiting sendiri di rumah yuk. Cara memasak kepiting ternyata tak sesulit yang dibayangkan lho. Tertarik mencobanya? Berikut ini tips dan cara memasak kepiting yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips cara memasak kepiting

Membeli kepiting ternyata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan lho. Ada beberapa triknya. berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli kepiting.

1. Pilih kepiting yang masih hidup

Kenapa harus kepiting hidup? Soalnya kalau kepiting sudah mati sebelum dimasak, akan banyak keluar atau kehilangan cairan dari tubuhnya. Cairan yang hilang ini nantinya akan memengaruhi ketebalan daging di dalam tubuhnya. Selain itu, kepiting yang masih hidup akan lebih lezat saat dimasak nanti.

Kamu bisa mengetes apakah kepiting masih hidup dengan cara menyentuhnya. Kalau kepiting bergerak, berarti masih hidup. Kamu bisa juga melihat mata kepiting, kalau masih mengedip atau bergerak beberapa kali itu tandanya masih hidup.

2. Rasakan beratnya

Cara lainnya untuk tahu apakah kepiting banyak dagingnya atau tidak yaitu dengan mengangkat tubuhnya. Kalau berat, bisa dipastikan kepiting tersebut punya daging yang lebih banyak dibanding kepiting yang ringan.

3. Cek cangkangnya

Ketika hendak membeli kepiting cek juga apakah cangkangnya ringan atau terkesan padat. Kepiting yang masih segar ditunjukkan dengan cangkangnya yang ‘padat’. Caranya, coba kamu ketuk cangkangnya. Kalau berbunyi nyaring atau kopong, tandanya kepiting sudah nggak segar lagi. Tapi kalau pas diketuk bunyinya agak padat, itu tandanya kepiting masih segar.

Cangkang yang bersih dan mengilap juga menunjukkan kalau kepiting masih segar. Idealnya, jika ingin membuat masakan kepiting yang enak harus dimasak 2-3 hari sesudah penangkapan.

4. Pilih yang ditempatkan di wadah kering

Usahan untuk membeli kepiting yang diletakkan di tempat yang kering. Pasalnya, kepiting yang dijual dengan kondisi dicelupkan ke dalam wadah berisi air, justru akan membuat kepiting jadi amis saat dimasak. Selain itu, kepiting akan menyerap air lebih banyak sehingga daging akan terlalu basah saat diolah. Jadi apabila kebanyakan menyerap air, si kepiting jadi nggak segar lagi begitu mau dimasak.

5. Pilih kepiting yang bagian tubuhnya masih lengkap

Biasanya kepiting dijual dengan cara diikat satu sama lain. Nah, pastikan kamu mengecek apakah bagian tubuh kepiting seluruhnya masih utuh. Soalnya, kepiting yang masih sehat saat hidup juga bisa ditandai dari bagian tubuhnya yang masih lengkap.

Cara mengolah kepiting sebelum dimasak dengan bumbu, sebenarnya cukup mudah kok. Nah, berikut ini langkah-langkah cara memasak kepiting.

3 dari 5 halaman

Cara mengolah kepiting sebelum dimasak

1. Bersihkan

Sebelum mulai merebusnya, bersihkan dahulu seluruh bagian tubuh dan kakinya dengan air yang dicampur cuka. Bila perlu sikat perlahan cangkangnya agar kotoran hilang. Untuk memastikan kepiting sudah mati, cobalah untuk merendamnya di dalam air hangat, kurang lebih satu atau dua menit. Lalu buang beberapa bagian yang tidak diperlukan atau tidak dimakan seperti bagian mata.

2. Rebus

Setelah kepiting bersih, cara memasak kepiting selanjutnya adalah dengan merebusnya dalam air mendidih. Rebus kepiting selama 15 - 30 menit dengan posisi kaki menghadap ke bawah panci. Kepiting mulai matang jika berwarna oranye terang. Ketika kepiting sudah matang, tempatkan dulu dalam air dingin selama beberapa saat untuk menghindarkan daging kepiting tidak terlalu matang. Kemudian angkat kepiting dan potong menjadi beberapa bagian agar lebih mudah saat dimakan.

Kamu juga bisa mencampur air untuk merebus dengan tambahan bumbu seperti garam, serai, daun salam, atau bumbu-bumbu lain yang kamu mau. Bumbu-bumbu ini berguna untuk menghilangkan bau amis pada kepiting dan membuat daging kepiting jadi lebih gurih.

3. Bersihkan tubuh kepiting

Kalau sudah selesai direbus, tiriskan kepiting dan tunggu agak dingin. Jika suhu tubuh kepiting sudah agak dingin, buang isi perut dan insangnya. Kamu bisa membuka cangkang dan membersihkan bagian perutnya yang berwarna hijau sampai bersih.

4. Cara memasak kepiting

Jika sudah bersih, kepiting sudah siap kamu masak dengan bumbu apapun. Misalnya saus tiram. Hewan satu ini paling favorit dimasak dengan saus tiram. Rasa manis, asam, pedas dari kepiting saus tiram menjadi santapan yang wajib bagi para pencinta seafood.

Nah, berikut ini cara memasak kepiting dengan saus tiram

4 dari 5 halaman

Bahan Kepiting Saus Tiram:

6 ekor kepiting segar

5 sdm saus tomat

4 sdm saus tiram

3 sdm saus sambal botolan

2 sdm cabai merah yang sudah digiling (tidak juga tidak apa-apa)

Merica bubuk secukupnya

Air secukupnya

Gula pasir secukupnya

Garam dan penyedap secukupnya

Minyak Goreng secukupnya

Bumbu Halus Kepiting Saus Tiram:5 biji cabai rawit merah (tumis layu)

5 biji bawang merah (tumis)

3 siung bawang putih (tumis)

2 cm jahe (haluskan)

5 dari 5 halaman

Cara memasak kepiting saus tiram:

1. Rebus Kepiting sampai matang, lalu belah Kepiting menjadi 2 bagian

2. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, kemudian masukkan semua bumbu halus di tumis sampai harum

3. Tambahkan saos tiram, saos tobat, cabai merah giling dan sisa bahan lainnya aduk hingga merata

4. Masukkan kepiting rebus, aduk-aduk hingga merata, dan masak sampai kuahnya sedikit mengental agar bumbu meresap kedalam daging kepiting

5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan diatas piring atau mangkuk saji. Santap selagi masih hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.