Sukses

6 Lauk Favorit di Warung Nasi Padang, Kamu Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Nasi Padang jadi salah satu masakan yang banyak digemari masyarakat di Tanah Air. Mulai dari masyarakat umum hingga kalangan artis pun menyukainya.

Selvi Kitty, misalnya. Ia mengidam nasi Padang hingga membangunkan suaminya untuk membeli kuliner khas Sumatera Barat itu malam-malam. 

Selain bumbunya yang sangat nikmat, kuliner ini juga memiliki beragam menu istimewa. Sambal hijau dan merahnya kian menggugah semangat makan.

Salah satunya rendang yang sempat menduduki peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International pada 2011. Masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan berbagai bumbu dari rempah-rempah dan santan kelapa, itu selalu ada di setiap warung nasi Padang.

Rendang di tempat asalnya biasanya berbumbu kering dan dagingnya lebih hitam karena dimasak berjam-jam. Sementara, rendang di Jawa bumbunya lebih basah dan dagingnya berwarna coklat. Orang Minang biasanya menyebut masakan itu sebagai kalio.

2 dari 6 halaman

Sate Padang

Selain daging, ayam pop adalah makanan khas yang selalu ada di setiap warung nasi Padang. Daging ayam lembut yang diungkep ini biasa jadi alternatif bila Anda tak terlalu suka makan daging. Untuk menambah selera, Anda bisa menambahkan daun singkong dan sambal merah. Lezaat...

3 dari 6 halaman

Gulai Tunjang

Tunjang atau dikenal juga dengan sebutan kikil mempunyai cukup banyak peminat. Makanan ini menjadi salah satu menu yang selalu ada di setiap rumah makan Padang. Dagingnya yang kinyil-kinyil sangat sedap disantap dengan nasi putih hangat dan daun singkong plus sambal hijau.

4 dari 6 halaman

Gulai Cincang

Gulai cincang merupakan daging tetelan dengan kuah kental yang sangat enak dan gurih. Resep gulai daging sapi menggunakan bumbu gulai padang ini, kaya bumbu dari perpaduan santan dan aneka rempah.

5 dari 6 halaman

Dendeng Balado

Masakan ini dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi. Setelah dikeringkan lalu digoreng kering lalu diberi bumbu balado. Rasanya pedas gurih.

6 dari 6 halaman

Gulai Kepala Kakap Merah

Gulai kepala kakap merah menjadi salah satu menu favorit di restoran Padang. Hidangan ini bisa disajikan untuk beragam acara. Kuah gulai yang kental dan tekstur daging kepala kakap yang lembut membuat banyak orang ketagihan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenangan Manis Sulli Saat Kunjungi Bali, Santap Habis Nasi Padang
Artikel Selanjutnya
11 Makanan Terbaik di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia