Sukses

5 Rekomendasi Lokasi Wisata untuk Berenang dengan Ubur-Ubur Jinak

Indonesia tak hanya punya satu tempat untuk bermain dengan ubur-ubur jinak alias yang tak menyengat dan beracun. Di mana saja itu?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, kawanan ubur-ubur mampir ke Pantai Ancol, Jakarta Utara. Bukannya takut, pengunjung malah bermain-main dengan hewan bertentakel yang dikenal beracun itu. Padahal, racun pada ubur-ubur bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal bukan kepalang.

Jika ingin bermain dengan ubur-ubur jinak, Indonesia punya beragam tempat yang bisa datangi. Anda bisa mengamati bahkan berenang bersama ubur-ubur tanpa khawatir disengat. Dilansir pegi-pegi.com, ada beberapa lokasi wisata ubur-ubur yang aman dan menarik seperti berikut ini:

Taka Makassar

Di pulau ini, Anda bisa snorkeling bersama ubur-ubur super lucu. Dengan pantai pasir yang sering diterjang pasang surut, ribuan ubur-ubur pun sering tampak berjemur di pinggir pantai.

Pulau ini timbul dan terpencil merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemandangan alam bawah lautnya memang sangat indah.

Danau Mariona

Selain Pulau Taka Makassar, Anda juga bisa berburu ubur-ubur di Danau Mariona di Kabupaten Tojo Una-Una, Palu, Sulawesi Selatan. Keindahan danau yang berada di tengah-tengah pulau bermadu kasih dengan puluhan ubur-ubur jinak. Bahkan, ubur-ubur di danau ini berwarna-warni, seperti jingga, putih susu, ungu, dan kuning jagung.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban yang berada di Derawan, Kalimantan Timur ini paling dikenal sebagai lokasi untuk berenang bersama ubur-ubur jinak. Dengan air laut yang sangat jernih, kita bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang di sana. Selain itu, karena memiliki perairan yang dangkal, kawanan ubur-ubur rutin sekali kumpul di permukaaan Pulau Kakaban.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih di Sulawesi

Togean

Pulau Togean juga terkenal dengan ubur-uburnya. Tak jauh beda dengan di Kakaban, di pulau ini ubur-ubur yang ada tak berbahaya saat dipegang.

Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Banyaknya ubur-ubur  di lokasi ini membuat Anda betah berlama-lama bersama mereka.

Danau Lenmakana

Danau Lenmakana terletak di Raja Ampat, Papua. Lemmakana termasuk danau air asin. Di danaunya hidup ubur-ubur berwarna menyala dengan jumlah tak terhitung. Mereka tak berbahaya dan ramah terhadap manusia.

Selain tak menyengat, ubur-ubur di Danau Lenmakana memiliki ukuran yang bervariasi. Mulai sebesar kantong plastik hingga sebesar ujung jari bisa Anda temui di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.