Sukses

Benarkah Membawa Pekerjaan Kantor Pulang ke Rumah Bisa Merusak Hubungan Cinta?

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang Anda lakoni saat ini begitu menyita waktu. Dengan segala kesibukan, deadline, dan target perusahaan terkadang jam kerja selama 9 jam sehari terasa kurang. Menurut sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa masih melanjutkan pekerjaan hingga memeriksa email setelah seharian bekerja tidak hanya berdampak bagi kesehatan, namun juga bagi hubungan cinta Anda.

Penelitian yang dilakukan Virgnia Tech menemukan bahwa orang yang masih sering memeriksa email dan membawa pekerjaan memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi, hingga mengganggu kesehatan. Pasalnya, kebiasaan memeriksa email dan melanjutkan pekerjaan kantor setiap waktu akan mengubah cara kerja yang tadinya batas kerja fleksibel menjadi bekerja tanpa batas. Tentu hal ini akan mengganggu waktu istirahat Anda hingga hubungan cinta dengan pasangan di rumah.

Tak hanya itu, hal ini juga akan berpengaruh pada tingkat stres dan kecemasan namun juga cara Anda berkomunikasi dengan pasangan. Secara psikologis, mereka akan melihat Anda sebagai sosok yang tidak bisa melepaskan diri dari pekerjaan dan membuat hubungan cinta terganggu.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan stres dan kecemasan

Menurut seorang penulis bernama William Becker, tuntutan pekerjaan dan kehidupan di luar pekerjaan menghadirkan dilema bagi para pekerja yang memicu rasa cemas dan ini membahayakan pekerjaan dan kehidupan pribadi.

 

3 dari 3 halaman

Solusinya

Untuk itu, Anda harus lebih spesifik lagi dalam memilih pekerjaan di mana Anda tahu bahwa pekerjaan yang Anda pilih tidak mengharuskan Anda untuk membuka email selama 24 jam. Ini juga memberikan batasan bagi orang lain untuk tidak mengirim email kepada Anda di luar jam kantor.

Perhatian lebih pada pasangan juga akan membantu melepaskan diri dari tanggung jawab pekerjaan yang tidak seharusnya ditangani di luar jam kantor. Sehingga mengurangi konflik dan meningkatkan kepuasan dalam hubungan.

Anda pun bisa mempertimbangkan untuk menghapus akses email kantor dari ponsel Anda. Atau Anda mengatur kembali notifikasi email agar tidak muncul ketika ada email masuk di luar jam kantor.