Sukses

Mural Bruce Lee Jadi Daya Tarik Old Town Central Hong Kong

Keterikatan Bruce Lee dan Hong Kong menginspirasi Old Town Central untuk mengabadikan wajahnya di kawasan destinasi wisata tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Meski lahir di Amerika, Bruce Lee kecil tumbuh menjadi remaja yang tangguh di Hong Kong. Sejak kematiannya yang terlalu dini, dirinya secara sah telah menjadi pemuda paling dikenal di Hong Kong. Legenda seni bela diri ini telah menjadi superstar internasional yang banyak dikenal orang di penjuru Hong Kong.

Meski Bruce Lee hanya membintangi beberapa film, namun dirinya dianggap mampu mengubah cara sudut pandang orang Asia dalam film-film Amerika. Dan dampaknya, Bruce Lee menjadi salah satu seniman bela diri yang paling berpengaruh sepanjang masa.

Menurut informasi yang dikutip dari laman The Culture Trip, Minggu (28/4/2018), Bruce Lee menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Hong Kong. Rumah keluarganya terletak di atas jejeran toko di 218 Nathan Street yang ada di kawasan Distrik Kowloon.

Ayah Bruce Lee adalah Lee Hoi-Chuen, seorang penyanyi opera dan aktor fil lokal. Ayahnya sering membawa Bruce Lee ke tempat latihan musik, yang pada saat itulah Bruce Lee bertemu dengan Siu Kee Lun, anak dari sahabat ayahnya. Kedua anak ini kemudian berlatih bela diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkenalan dengan Kungfu

Sejak usia 12 tahun, Bruce Lee mulai belajar di La Salle Collage, yaitu sekolah Katolik anak laki-laki di Kowloon, yang punya reputasi sebagai salah satu sekolah anak-anak nakal di Hong Kong. Sempat pernah dibully membuat sang ayah mengizinkan Bruce Lee untuk mengambil pelajaran kung-fu untuk sekadar membela diri.

Bruce Lee pun mulai berlatih seni Wing Chun, yang secara konsisten membuatnya merasa bahwa bela diri telah menjadi jalan kehidupan yang dipilihnya sejak kecil.

 

3 dari 3 halaman

Menginspirasi Old Town Central Hong Kong

Empat puluh lima tahun setelah kepergiannya, nama Bruce Lee tidak lantas hilang di benak masyarakat Hong Kong. Bruce Lee saat ini bahkan menjadi inspirasi pariwisata Hong Kong. Old Town Central yang kini dibangun menjadi salah satu destinasi wisata instagramable memajang wajah sang legenda melalui seni mural.

Mural karya seniman Korea bernama Xeva yang dibuat menggunakan teknik mosaik tampak keren, dan mampu mengingatkan kembali tentang seorang legenda bela diri bernama Bruce Lee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.