Sukses

Begini Cara Hotel Siasati Tamu yang Suka Ambil Barang di Kamar

 

Liputan6.com, Jakarta Fasilitas yang ada di hotel bukan barang milik pribadi, namun nyatanya tidak sedikit orang yang salah memanfaatkan ketersediaannya fasilitas di dalam kamar hotel. Mereka bahkan membawa pulang barang-barang yang ada di kamar hotel. Padahal barang tersebut harusnya tetap ditinggal di kamar hotel hingga pengunjung hotel check out.

Memang ada beberapa barang yang bebas diambil oleh para tamu seperti sabun, sampo, sikat gigi, kopi, ataupun teh. Namun ada barang yang tidak diizinkan untuk diambil yaitu handuk dan mesin pembuat teh atau kopi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberikan Sanksi

Dilansir dari laman People, namun bila pengunjung hotel kedapatan mengambil barang tersebut, pihak hotel bisa memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

"Banyak tamu yang mencuri barang apa saja yang mereka inginkan. Sebut saja jubah mandi, gantungan baju, mesin pembuat kopi, sprei, sarung bantal, selimut, hingga bantal. Bila yang diambil barang-barang tersebut, itu adalah bentuk kejahatan," tutur David Elton, partner Home Grown Hotels.

Beberapa kasus pencurian mungkin akan dilaporkan ke pihak berwajib. Tapi ada juga hotel yang menjadikan tamu hotel tersebut masuk dalam kategori "no stay list" atau tidak diizinkan menginap di hotel itu. Bahkan bila hotel yang diinapi termasuk dalam hotel jaringan besar, kemungkinan peraturan itu berlaku untuk semua hotel.

 

3 dari 3 halaman

Menambahkan ke Daftar Pembayaran

Meskipun peraturan tersebut terlihat konyol, nyatanya sedikit saja tindak pencurian dapat merugikan hotel dalam jumlah besar.

"Tamu biasanya menjadi cukup berani untuk mengambil barang yang mereka inginkan. Contohnya bila ada 86 properti yang hilang, itu dapat menyebabkan kerugian ratusan dolar setiap bulan," ungkap dosen perhotelan di University of Houston, John Bowen.

Cara lain yang diterapkan oleh petugas hotel adalah menambahkan biaya barang yang diambil ke dalam daftar pembayaran. Ya, sesaat setelah tamu keluar dari kamar, maka petugas kebersihan akan langsung mengecek apakah ada barang yang hilang atau tidak. Jika ada, mereka akan langsung menghubungi resepsionis untuk memasukkan biaya tambahan.Reporter: Syifa FauziahSumber: Brilio.net

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.