Sukses

Sedang Jalani Hubungan Cinta Jarak Jauh? Siapkan 5 Biaya Ekstra Ini

Hubungan cinta jarak jauh memang membutuhkan pengorbanan, salah satunya dalam hal biaya.

Liputan6.com, Jakarta Long distance relationship alias hubungan hubungan cinta jarak jauh memang tidak mudah. Di satu sisi ada keseruan dan kebutuhan. Di sisi lain ada halangan.

Salah satu rintangan itu jelas adalah biaya yang lebih tinggi ketimbang pacaran di satu kota. Tak ada yang tak bisa diatasi kalau kita mau mencoba. Apalagi demi cinta. 

Hubungan cinta jarak jauh terkadang memang harus dipilih karena tak ada pilihan lain. Apakah Anda termasuk yang harus menjalaninya?

Menurut DuitPintar.com, berikut ini adalah biaya-biaya yang harus Anda siapkan bila menjalankan hubungan cinta jarak jauh.

1. Pulsa dan data internet

Syukurlah sekarang sudah era internet, sehingga tak lagi repot kirim SMS atau telepon. Apalagi biaya SMS dan telepon terhitung mahal, terlebih bila si pacar tinggal di luar negeri. 

Semua hal itu kini bisa diatasi dengan aplikasi pesan singkat yang hanya membutuhkan anggaran untuk membeli paket data.

Triknya adalah memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ada bonus data pada jam-jam tertentu. Gunakan itu untuk menghubungi pacar agar tidak menguras kuota utama.

Selain itu, manfaatkan fasilitas WiFi gratis di tempat-tempat publik, juga resto fast food dan kafe tentunya. Bila ada WiFi di kantor, hubungi dulu si dia sebelum pulang.

2. Ongkos tiket

Makin jauh lokasi pasangan, makin tinggi biaya kunjungan. Untuk mengatasinya, manfaatkan promo tiket yang tersedia di jalur mana pun.

Misalnya diskon jika beli tiket lewat marketplace, entah itu berupa cashback ataupun korting harga. Cari waktu yang tidak ramai, karena saat peak season harga tiket biasanya melesat. Begitu juga kalau ada promo dengan kartu kredit, harus dimanfaatkan.

Tentukan pula waktu kunjungan. Kalau jauh ya mungkin bisa sebulan sekali. Kalau dekat, seminggu sekali bila memungkinkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Makan dan minum

Saat berkunjung, tentunya juga ada biaya makan-minum. Jangan lupa untuk menyiapkan anggaran khusus. Bila orang lain hanya menyiapkan anggaran untuk satu kali makan malam saat kencan, mungkin Anda harus menyiapkan tiga kali anggaran untuk makan karena harus pergi ke luar kota

 

3 dari 3 halaman

4. Akomodasi

Biaya lain yang membayangi hubungan cinta jarak jauh adalah akomodasi. Untungnya sekarang banyak pilihan akomodasi murah, dari AirBnB hingga jaringan hotel seperti Airy dan RedDoorz. Biaya menginap di hotel-hotel sederhana tapi berkualitas itu terhitung murah.

Pilihannya pun banyak. Kita bisa memanfaatkan situs seperti Traveloka atau pemesanan hotel lainnya buat mencari harga termurah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.