Sukses

8 Makanan yang Mampu Membuat Rileks, Mau Coba?

Liputan6.com, Jakarta Kelaparan dan stres merupakan kombinasi situasi yang berbahaya. Kedua situasi ini memungkinkan Anda untuk meraih makanan terdekat yang bisa ditemukan dan akhirnya membuat Anda tidak merasa puas. Anda harus memilih makanan yang tepat untuk membuat diri Anda rileks.

Setiap makanan yang Anda makan memiliki susunan bahan kimia, nutrisi, dan hormon yang mempengaruhi tubuh. Dilansir dari Elite Daily pada Rabu (21/2/2018), terdapat sejumlah makanan yang tepat untuk mengatasi stres. Pada dasarnya, makanan menjadi alat yang tepat untuk relaksasi jika memilih makanan yang tepat.

2 dari 3 halaman

1. Satu sendok madu

Madu mengandung tryptophan yang cukup tinggi. Ini merupaka senyawa yang mampu mengurangi kecemasan dan melemaskan saraf Anda. Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu di atas yogurt sebagai sarapan. Atau memakan madu bersama roti bakar akan menjadi awal yang bagus bagi tubuh Anda.

2. Susu hangat

Selain madu, susu juga mengandung tryptophan dan kalsium yang memberikan ketenangan pada diri Anda. Jika Anda terlalu menyukai susu, Anda bisa menuangkan sedikit ke dalam semangkuk sereal.

3. Green tea

Green tea atau teh hijau sarat dengan L-theanine yang merupakan bahan kimia untuk menghilangkan stres dan mendorong rasa tenang. Minum secangkir teh hijau tanpa kafein sebelum tidur menjadi cara terbaik untuk melakukan dekompresi setelah hari yang panjang dan penuh tekanan.

4. Cokelat

Cokelat memiliki segudang manfaat terutama bagi perawatan diri. Dark chocolate akan membantu Anda mengatur kadar kortisol yang juga mengatur kadar stres. Mengonsumsi cokelat juga membantu menstabilkan metabolisme Anda.

3 dari 3 halaman

5. Kelapa

Sebuah studi dari Columbia University pada 2010 mengatakan bahwa orang yang menghirup aroma kelapa merasakan bahwa tekanan darah mereka turun. Mereka pun mengalami sedikit tekanan saat menyelesaikan tugas yang menantang. Anda bisa menambahkan parutan kelapa pada smoothie untuk sarapan.

6. Pisang

Pisang mengandung dua bahan kimia yang mampu melemaskan otot seperti potasium dan magnesium. Ini menjadi alasan mengapa pisang menjadi makanan para atlet setelah latihan. Buah ini juga mengandung tryptophan yang membantu tubuh untuk rileks.

7. Beras merah

Menurut Good Relaxation, beras merah merupakan karbohidrat kompleks yang membantu melepaskan insulin dalam tubuh. Asam amino yang terkadnung di dalamnya dapat merangsang tubuh untuk tidur karena mengendurkan saraf otak dan membantu menghasilkan hormon rileks, seperti serotonin dan melatonin.

8. Sayuran

Sayuran hijau dan berdaun, seperti bayam dan kangkung mengandung folat yang menjadi vitamin bagi tubuh utnuk membantu memproduksi dopamin. Dopamin sendiri merupakan bahan kimia di otak yang membuat Anda merasa nyaman. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders pada 2012 mengatakan bahwa orang yang melakukan diet tinggi folat cenderung tidak menunjukkan gejala depresi.

Artikel Selanjutnya
Kolesterol Tinggi Bisa Terjadi Setelah Santap 7 Makanan Ini
Artikel Selanjutnya
Jual Makanan Serba Biru, Restoran Ini Diburu Warganet