Sukses

12 Cara Lawan Kantuk, Tahan Sepanjang Hari

Sering mengantuk? Berikut cara efektif melawannya yang bertahan sepanjang hari.

Liputan6.com, Jakarta Cara terbaik untuk tetap berenergi sepanjang hari adalah dengan tidur nyenyak. Namun terkadang Anda tidak bisa mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat. Saat Anda memasuki kantor dengan pekerjaan yang menumpuk, justru membuat Anda mengantuk. Dilansir dari Brightside pada Kamis (28/1/2018), ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk bisa bertahan meski Anda merasa sangat mengantuk.

1. Jangan minum terlalu banyak kopi atau minuman berenergi

Minuman ini mungkin memberi Anda dorongan energi untuk waktu yang singkat. Namun Anda akan kehilangan sisa energi Anda dengan dorongan buatan ini. Selain itu, akan lebih sulit bagi Anda untuk memulihkan kondisi di keesokan harinya.

2. Mandi dengan air panas atau air dingin

Anda juga bisa hanya dengan mencuci wajah Anda dengan air dingin. Tips yang cukup klasik namun cukup ampuh.

3. Dapatkan oksigen lebih

Oksigenasi menjadi cara yang baik untuk membangunkan otak Anda. Caranya, baringkan tubuh Anda di lantai. Letakkan satu tangan di perut, di bawah tulang rusuk. Letakkan tangan lainnya di dada. Tarik napas dalam-dalam dengan hidung dan rasakan perut Anda mendorong tangan Anda. Keluarkan napas melalui mulut seperti bersiul. Rasakan tangan Anda di perut yang turun bersamaan dengan habisnya napas yang dikeluarkan. Lakukan latihan ini 5-10 menit agar Anda merasa lebih berenergi dan tidak mengantuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Melawan Kantuk Sepanjang Hari

4. Sarapan dengan es krim

Es krim akan sangat membantu otak Anda bangun. Temperatur yang rendah pada es krim akan membangkitkan sarap di otak. Namun disarankan untuk tidak menggunakan cara ini terlalu sering agar kandungan gula dalam darah tetap terjaga.

5. Lakukan olahraga pagi

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Cukup 3-5 menit berolahraga untuk memberikan energi pada tubuh.

6. Mandi dengan minyak esensial

Beberapa tetes minyak esensial apapun yang memiliki aroma yang cukup kuat saat mandi dapat membantu Anda untuk melawan kantuk sepanjang hari. Terlebih jika Anda menggunakan air panas.

7. Keluar rumah beberapa menit

Luangkan waktu sekitar sepuluh menit untuk diri Anda menghirup udara bebas di pagi hari. Paling tidak, buka jendela Anda dan hiruplah udara segar di pagi hari.

3 dari 3 halaman

Cara Melawan Kantuk Sepanjang Hari

8. Buat jadwal harian

Ikuti jadwal dengan ketat. Dengan menuliskan semua hal yang penting untuk dilakukan, tidak akan membebani otak Anda dengan informasi yang berlebihan. Anda pun bisa lebih berkonsentrasi untuk memenuhi segala tugas.

9. Kurangi makan gula

Lonjaan gula darah bisa membuat Anda merasa lelah. Jika Anda ingin makan sesuatu yang manis, pilihlah gula sebagai alternatif yang sehat.

10. Terangkan lingkungan Anda

Ketika Anda duduk di kondisi tempat yang gelap akan membuat Anda mudah mengantuk secara natural.

11. Tidurlah 15-20 menit di tengah hari

Tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk tidur siang. Namun jika Anda cukup beruntung untuk tidur, gunakanlah 20 menit untuk mengembalikan energi Anda.

12. Tertawa

Tertawa membuat Anda rileks dan melupakan masalah Anda. Tonton sejumlah video lucu akan membuat Anda mendapatkan kembali energi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini