Sukses

9 Tanda Anda Tidak Cukup Minum Air

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin mendengarnya sepanjang hari, banyak orang tidak cukup minum air dan ini menyebabkan beberapa hal pada tubuh mereka, ya? Faktanya, tubuh orang dewasa terdiri dari 55 sampai 60 persen air.

Inilah mengapa ketika dehidrasi, tubuh akan mengirimkan tanda-tanda peringatan, apakah Anda pernah merasakannya? Dilansir dari thelist.com, Minggu (24/12/2017), berikut ini adalah tanda-tanda jika Anda tidak cukup minum air, penasaran?

1. Kulit kering yang tidak bisa diperbaiki dengan pelembap

Normal ketika kulit berubah seiring dengan perubahan cuaca yang ada. Ketika kulit terasa kering, Anda berusaha mengaplikasikan banyak pelembap, namun tidak ada satupun yang benar-benar bekerja, bukan?

Kulit terasa kering dan kusam bisa merupakan salah satu tanda bahwa tubuh Anda sedang dehidrasi. Minum air yang cukup.

2. Mulut kering, lengket, dan sangat haus

Ketika Anda tidak cukup minum air, mulut akan terasa sangat kering, dan lengket. Jangan menelan apapun, kecuali air, karena makanan atau minuman yang lain hanya akan membuat Anda bau napas.

3. Sakit kepala

Ini adalah hal yang paling menyakitkan, kepala Anda terasa akan meledak setiap menitnya. Menurut penelitian, sakit kepala juga bisa menjadi salah satu tanda dari tubuh yang dehidrasi atau kurang minum air.

 

 

2 dari 3 halaman

Tanda Anda tidak cukup minum air

4. Selalu merasa lelah

Perhatikan rutinitas Anda dan pastikan mendapat tidur yang nyenyak di malam hari. Namun, jika Anda telah merasa istirahat dengan cukup dan tetap merasa lelah setiap waktu, ini juga tanda dari dehidrasi.

5. Kelebihan berat badan

Minum air yang cukup dapat meningkatkan metabolisme dan salah satu tips menurunkan, bahkan menjaga berat badan. Dehidrasi dapat membuat otak mengirimkan sinyal yang sama kepada tubuh bahwa Anda sedang kelaparan.

6. Sembelit

Secara biologis, tubuh membutuhkan cairan agar bisa buang air besar. Inilah mengapa dehidrasi merupakan penyebab utama dari sembelit kronis.

3 dari 3 halaman

Tanda Anda tidak cukup minum air

7. Infeksi saluran kemih

Jika Anda pernah mengalaminya, mungkin ini merupakan satu pengalaman yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Minum air dapat membantu menyiram bakteri dari kandung kemih, sehingga mencegah infeksi.

8. Mudah marah dan murung

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan perubahan neurologis yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk fokus dan menyebabkan iritabilitas. Jika Anda pernah merasakan hal ini dan memburuk, minum segelas air, dan suasana hati akan membaik.

9. Kram otot

Ketika mengalami kram otot, banyak orang akan mencoba melakukan peregangan atau oemijatan untuk meredakan gejala menyakitkan yang terjadi. Namun, jalan keluarnya sebenarnya lebih sederhana, sirkulasi darah yang melambat hanya perlu diperbaiki dengan segelas air.