Sukses

Kedai Kopi Menoreh Kulonprogo yang Jadi Incaran Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta Budaya minum kopi di Indonesia khususnya Yogya memang sedang tren. Termasuk ngopi di daerah tinggi pun dilakoni generasi muda.

Salah satu warung yang menjadi incaran adalah Kedai Menoreh Pak Rohmat di Madigondo, Sariharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Kedai yang sudah buka sejak Agustus 2014 ini menyajikan kopi arabika maupun robusta yang diproduksi dari lahan sendiri.

Menurut sang pemilik, Rohmat, kepopuleran kedainya berawal dari promosi seorang teman asal Kotagede. Ia menceritakan betapa nikmatnya ngopi dengan suasana berbeda di Kedai Menoreh Pak Rohmat.

"Yang punya Omah Duwur Kotagede minum kopi di luar gini, terus dapat angin sejuk ditambah pemandangan perbuktian yang dibagikan ke temannya," ujar Pak Rohmat.

Tidak hanya kalangan anak muda yang berburu pengalaman ngopi dengan pengalama, beberapa tokoh anggota DPR RI dan pejabat negara juga sempat ke kedainya. "Anggota dewan, Bupati Tulungangung pernah yang belum malah bupati Kulonprogo sendiri," katanya.

 

1 dari 3 halaman

Digemari Bule

Berbagai Jenis Kopi yang Digemari

Dari berbagai sajian kopi, Pak Rohmat memberikan rekomendasi yang paling banyak dipesan. Seperti Kopi Lanang yang kabarnya bisa menambah stamina dan mengurangi migrain. "Ada juga Kopi Ijo yang bisa untuk obat asam urat, diet dan kolesterol," ujarnya.

Selain itu, Kedai Menoreh Pak Rohmat juga menyediakan kopi luwak yang terkenal mahal. Bedanya, kopi luwak Pak Rohmat berasal dari luwak liar yang memakan kopi dikebunnya. "Kopi itu kita kumpulkan sedikit demi sedikit , dia (luwak) yang milih kopi yang enak jadi bukan luwak yang dikurung ini liar. Rasanya beda," ujarnya.

Selain keistimewaan berbagai jenis kopi, daya tarik lainnya adalah dekat dengan air terjun terkenal bernama Air Terjun Putri Menangis. Suara Air terjun dan pemandangan menjadi modal utama kenikmatan ngopi di sini.

Kedai Menoreh Pak Rohmat juga strategis karena dekat dengan puncak Suroloyo yang menjadi destinasi wisatawan saat mengejar sunrise. "Nah, biasanya setelah lihat sunrise, bule-bule breakfast di sini. Terus habis dari air terjun dan mandi, juga ke sini. Jadi kedainya ramai dari jam 8 pagi sampai 10 malam," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Tersedia Menu Makanan Berat

Salah satu pengunjung dari kasihan, Bantul Febri Anugrah mengatakan baru kali pertama menikmati kopi di Kedai Menoreh Pak Rohmat. Febri yang merupakan penggemar kopi memuji kopi robusta yang dipesannya.

"Recommended banget, apalagi tempatnya juga nyaman dan pas buat santai. Suasananya enggak terlalu ramai," ujarnya. 

Selain kopi, Anda juga bisa menemui berbagai menu makanan berat. Mulai dari ikan pindang, ayam kampung, ayam ingkung, dan nasi goreng. Harga makanan juga terjangkau bagi mahasiswa dan pelajar mulai dari 5 ribu hingga 150 ribu.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Destinasi Wisata Ini Paling Favorit untuk Liburan Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Cendol Kopi, Cara Menikmati Kopi yang Segar