Sukses

10 Fakta Unik Perilaku Pembeli Selama Harbolnas Berlangsung

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda termasuk salah seorang yang hobi berbelanja onlineHarbolnas sudah tidak asing lagi terdengar. Ya, Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional 2017 akan segera kembali diselenggarakan pada 12 Desember mendatang.

Di Harbolnas 2017 ini Anda tidak hanya akan menemui berbagai e-commerce besar di Indonesia, namun juga UMKM dari Medan, Surabaya, dan Makasar yang telah dilatih untuk menjamah bisnis online. Selain kehadiran UMKM, Harbolnas 2017 juga dilengkapi dengan Support Center dan Future Leaders.

Sejak diselenggarakan pada tahun 2012, Harbolnas telah mengalami peningkatan yang signifikan dari segala aspek, termasuk perilaku pembeli selama Harbolnas itu sendiri berlangsung. Ditemui oleh tim Liputan6.com, Rusdy Sumantri dari Nielsen Indonesia membeberkan beberapa fakta unik tentang perilaku pembeli selama Harbolnas berlangsung. Penasaran?

1. Di tahun 2016, sebanyak 89% masyarakat Indonesia telah mengetahui adanya Harbolnas sejak seminggu sebelum acara benar-benar terselenggara.

2. Masyarakat mengetahui Harbolnas paling banyak dari e-commerce yang bersangkutan.

3. Sebanyak 61% internet users melakukan pembelian saat Harbolnas berlangsung. Jumlah ini meningkat 11% dari Harbolnas 2015.

4. Penjualan saat Harbolnas meningkat 3,9% dari hari-hari biasa. Tiga kategori barang yang paling banyak dicari adalah fashion, gadget, dan travel.

5. Sebanyak 87% users sudah merencanakan melakukan pembelanjaan saat Harbolnas berlangsung.

 

1 dari 2 halaman

Perilaku pembeli selama Harbolnas berlangsung

6. Hal yang paling menarik perhatian masyarakat mengikuti Harbolnas adalah 90% karena diskon yang ditawarkan oleh e-commerce. Selanjutnya adalah 41% karena ongkos kirim yang gratis.

7. Harbolnas menunjukkan adanya peningkatan aspek sosial-ekonomi pada masyarakat kalangan C dan D.

8. Saat Harbolnas berlangsung, terjadi peningkatan pengguna internet dan smartphone di Indonesia.

9. Pembelian selama Harbolnas dilakukan paling banyak melalui tabungan sebanyak 29%, sedangkan 1% melalui kartu kredit. Hal ini juga berkaitan dengan peningkatan mobile money di tahun 2017.

10. Empat kekhawatiran terbesar dari masyarakat Indonesia saat melakukan transaksi di Harbolnas adalah fake discount, kualitas produk, proses pembayaran, dan pengiriman.

Sudahkah Anda mengetahui tentang Harbolnas? Selamat berbelanja!

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Smartphone dengan Baterai Perkasa Tahan hingga 7 Hari
Artikel Selanjutnya
Top 3: 7 Restoran Unik dengan Tempat Spektakuler, 6 Foto untuk Tes Vertigo