Sukses

Perbandingan Gedung Tempat Pernikahan Anak-Anak Presiden

Gedung pernikahan menjadi elemen penting digelarnya sebuah pesta pernikahan, dan anak-anak presiden punya selera yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Gedung pernikahan menjadi elemen penting pendukung digelarnya sebuah pesta pernikahan. Selain lokasi, kapasitas gedung juga menjadi pertimbangan lain saat memilih venue pernikahan.

Sepanjang sejarah Indonesia, ada tiga gedung pernikahan yang dipilih oleh para anak presiden menjabat untuk melangsungkan pernikahan. Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan di Istana Bogor, Edi Baskoro dan Aliyah Hatta Radjasa di Jakarta Convention Centre (JCC), dan Gibran serta Kahiyang Ayu dengan pilihan yang sama di Graha Sabha Buana.

Berikut perbandingan tiga gedung pernikahan tersebut, seperti yang disusun tim Lifestyle Liputan6.com, Senin (6/11/2017).

Istana Bogor

Dalam sejarah Indonesia, hanya Agus Harimurti Yudhoyono, anak presiden RI yang melangsungkan pernikahan di Istana Bogor. Memiliki luas lebih dari 28 hektare dan berada di ketinggian 290 meter di atas permukaan laut, membuat suasana di Istana Bogor menjadi sangat sejuk. Menurut informasi yang dikutip dari laman PresidenRI, pada zaman kolonial, Istana Bogor menjadi salah satu tempat favorit Gubernur Jenderal Hindia Belanda untuk beristirahat dari penat dan panasnya Kota Jakarta.

Pernikahan Agus Harimurti di Istana Bogor sendiri dibuka dengan upacara “Pedang Pora”, yaitu upacara yang digunakan seorang lulusan Akademi Militer saat melepas masa lajang. Saat itu Agus mengenakan pakaian militer lengkap dan Annisa yang berbalut kebaya hijau. Dengan diiringi Gending Jawa, pernikahan Agus Harimurti sangat kental dengan nuansa istana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jakarta Convention Centre (JCC)

Berbeda dengan Agus Harimurti, Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas) memilih Jakarta Convention Centre (JCC) sebagai tempat melangsungkan resepsi pernikahannya dengan Aliya Hatta Radjasa. JCC sendiri merupakan salah satu gedung tempat pernikahan paling eksklusif di Jakarta dengan kapasitas tamu mencapai lebih dari 3.000 orang.

Putri Ayu, salah seorang yang pernah menggunakan acara di JCC mengatakan, “Tempat ini bisa diakses dengan mudah, baik dengan transportasi umum dan pribadi. Punya ruangan yang luas dan adem serta fasilitas yang bersih dan nyaman. Biasanya dijadikan tempat untuk pameran sama wisuda juga.”

 

3 dari 3 halaman

Graha Sabha Buana

Gibran dan Kahiyang Ayu memilih Graha Sabha Buana sebagai gedung tempat berlangsungnya pernikahan mereka bersama pasangan. Alasannya sederhana, gedung tersebut milik keluarga Presiden Joko Widodo sendiri yang bisnisnya dijalankan oleh sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

Gedung ini memiliki kapasitas hingga 2.000 orang. Untuk menyewa tempat ini, paling tidak Anda perlu merogoh kocek hingga Rp 19 juta per hari. Namun keluarga Jokowi memberikan potongan harga hingga 20 persen khusus untuk tetangga terdekat yang ingin menggunakan gedung tersebut. Bagaimana, apa Anda tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.