Sukses

5 Tips Menginap di Bandara

Menginap di bandara bukanlah hal baru bagi traveler yang gemar bepergian. Simak tipsnya sebelum Anda mencoba menginap di bandara.

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional di beberapa negara kini sudah menyediakan tempat menginap khusus bagi para traveler yang harus istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali menggunakan pesawat. Umumnya mereka yang menginap merupakan backpacker atau traveler yang memilih menekan biaya penginapan saat traveling.

Istirahat diantara dua penerbangan akan sangat dibutuhkan agar bisa memulihkan tenaga ketika tiba di tempat tujuan wisata. Fasilitas di bandara kini bahkan lebih lengkap dengan berbagai fasilitas hiburan untuk penumpang pesawat yang hanya sekadar transit beberapa saat. Berikut tips menginap di bandara seperti dilansir dari sleepinginariports.com, Selasa, (1/11/2016).

1. Siapkan rencana cadangan

Tidak semua bandara memiliki kebijakan untuk membolehkan para penumpangnya menginap di bandara. Terlebih jika terdapat hotel yang berada di dekat bandara. Namun, tak perlu khawatir, beberapa petugas akan bisa memahami alasan Anda mengapa harus terpaksa menginap di bandara.

Jika gagal bernegosiasi dengan petugas keamanan bandara, Anda tetap harus memiliki rencana cadangan ketika harus meninggalkan bandara pada malam hari sekalipun.

2. Persiapkan barang paling penting

Kejadian dan cuaca memang bisa diprediksi, namun tidak ada yang bisa memprediksi jika penerbangan dibatalkan karena alasan cuaca buruk. Sebaiknya Anda sudah bersiap-siap dengan kondisi terburuk jika benar-benar harus menginap di bandara. Siapkan barang-barang seperti alas tidur, botol minum dan makan ringan, gajet, sleeping bag yang ringkas dibawa kemana saja.

3. Cari tempat paling aman

Jika harus memutuskan menginap di bandara, pastikan Anda tidur di tempat-tempat yang terlihat diawasi oleh kamera CCTV. Jika Anda Solo Traveler, lebih baik mencari penumpang lain yang juga sedang menginap di bandara untuk menjaga keselamatan Anda sendiri. Pastikan Anda mengamankan beberapa barang berharga agar bisa tetap diawasi dengan baik dan terjaga.

4. Cari Makan Sebelum Toko Tutup

Saat jelang malam, toko-toko makanan di bandara akan tutup. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan diskon harga makanan yang tidak terjual hari itu. Jika Anda bepergian secara berkelompok, biarkan salah satu orang yang mencari makanan dan yang lain mencari tempat yang nyaman untuk menginap di bandara.

5. Pilih terminal kedatangan

Terminal keberangkatan sudah pasti akan dipenuhi oleh penumpang yang hendak menginap semalam sebelum mereka diterbangkan. Cara paling mudah untuk tidak berdesakan, pilih tempat menginap di terminal kedatangan. Saat turun dari pesawat, Anda cukup langsung ke lounge kedatangan dibandingkan langsung ke lounge keberangkatan. 

Cukup klik Reservasi.com untuk mendapatkan tiket pesawat murah dan promo hotel terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.