Sukses

4 Makanan Efektif Ini Singkirkan Napas Bau Bawang Putih

Anda tentu tidak mau dicap bermulut bau hanya karena habis makan bawang putih, bukan? Simak tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih memang mampu membuat rasa masakan semakin nikmat. Sayangnya, aroma bawang putih seringkali bertahan lama di dalam mulut, dan mengakibatkan permasalahan bau mulut.

Hal ini mungkin akan menyulitkan Anda ketika sedang harus bertemu dengan banyak orang. Anda tentu tidak mau dicap bermulut bau hanya karena habis makan bawang putih, bukan?

Aroma atau bau bawang putih dari mulut sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar satu hari. Saat mulut masih beraroma bau bawang, banyak orang yang berusaha menghilangkannya dengan menyikat gigi atau makan permen karet.

Ternyata, ada cara yang lebih mudah untuk menyingkirkan bau mulut dari aroma bawang putih dengan cepat dan tidak terduga. Sebuah penelitian asal Amerika Serikat menemukan bahwa apel, jus lemon, dan teh hijau dapat mengurangi bau bawang putih dengan cepat.

"Bawang putih mengandung senyawa alil metil sulfida (AMS) yang tidak dapat tercerna tubuh, sehingga dikeluarkan melalui napas dan keringat. Maka untuk menghilangkan bau tersebut, tubuh perlu mengonsumsi bahan yang dapat memecah senyawa tadi," kata peneliti Profesor Barringer dari Ohio University seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (23/8/2016).

Apel mentah efektif karena mengandung polifenol yang dapat memecah senyawa tadi. Selain itu, ada pula bahan lain yang efektif mengurangi bau mulut dari aroma bawang putih secara cepat dan signifikan yakni susu. Segelas susu 200 mililiter dapat mengurangi kadar AMS sebanyak 50 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini