Sukses

Pria Ini Pecahkan Rekor Dunia Menyelam Sampai 122 Meter

Tantang bahaya dan maut, pria asal Selandia Baru ini berhasil pecahkan rekor menyelam bebas tanpa oksigen sampai kedalaman 122 meter.

Liputan6.com, Jakarta Laut menyimpan banyak keindahan, mulai dari ragam ikan, terumbu karang, sampai aktivitas pantai yang ada di sekitarnya. Namun, dibalik keindahannya, laut juga menyimpan ancaman bahaya bahkan bagi nyawa manusia, salah satunya pada aktivitas penyelaman bebas.

Pasalnya, kegiatan ekstrem tersebut tidak menggunakan peralatan yang memadai, seperti tabung oksigen sehingga Anda tak akan tahu apa yang terjadi pada tubuh saat sudah mencapai batasnya. Namun, seorang penyelam bebas asal Selandia Baru, William Trubridge yang menantang dirinya untuk menyelam sampai kedalaman 122 meter.

Seperti dilansir dari Elitedaily pada Senin (20/6/2016) Wiliam memilih sebuah palung laut bernama Dean Blue Hole di dekat Bahama untuk memecahkan rekor dunia menyelam sedalam 122 meter dengan waktu tercepat. Dengan hanya baju selam dan penutup hidung, Wiliam memulai penyelaman dengan dibantu tali pemandu sepanjang 122 meter.

Teman dan kerabat Wiliam yang menyaksikan pria itu melakukan persiapan menyelam memberi semangat dan muncul kekhawatiran karena pada kedalaman tersebut tubuh seseorang bisa pecah karena penyakit Dekompresi. Penyakit Dekompresi adalah suatu keadaan medis dimana akumulasi nitrogen yang terlarut setelah menyelam membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta system syaraf dan menyebabkan kematian.

 

 

Our underwater amphitheater: Dean's Blue Hole. #freediving #bahamas Photo by @daanverhoevenfreediver

A photo posted by William Trubridge (@willtrubridge) on

 

Penyelaman Wiliam pun dimulai dan tim dokumentasi hanya bisa mengikuti pria tersebut selama 1 menit 30 detik. Setelah itu, Wiliam seolah menghilang dalam kegelapan dan kembali dengan selamat dalam catatan waktu 4 menit dan 24 detik yang masuk dalam buku rekor dunia.

Berikut video selengkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.