Sukses

Tour de Flores, Ini 12 Tempat Wisata Menarik di Flores

Liputan6.com, Larantuka - Tour de Flores merupakan hajatan skala internasional yang bertujuan menggenjot pariwisata Indonesia. Tour de Flores dimulai dari tanggal 18 Mei 2016 hingga 23 Mei 2016. Peserta balap sepeda Tour de Flores akan melewati lima etape balapan di antaranya Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ruteng, dan berakhir di Labuan Bajo.

Event internasional ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia terutama daerah Flores. Bebeberapa destinasi wisata Flores sudah dikenal dunia, seperti Taman Nasional Komodo hingga ikon Danau Kelimutu yang menjadi salah satu gambar yang masuk dalam lembaran rupiah. Seperti disusun Liputan6.com, Jumat (20/5/2016), berikut 12 tempat wisata menarik yang bisa dijadikan panduan untuk berlibur ke Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Komodo

Pulau Komodo (shutterstock)

Pulau Komodo kini menjadi salah satu kejaiban dunia yang tak bisa kamu lewatkan. Seumur hidup sekali setidaknya kalian harus mengunjungi Pulau Komodo. Kawasan Pulau Komodo merupakan cagar alam yang merupakan bagian Taman Nasional Komodo.

Kehidupan komodo benar-benar dijaga di pulau ini. Meskipun komodo-komodo ini terlihat tenang, namun anda harus waspada karena komodo memiliki air liur yang memiliki bakteri mematikan. Saat melakukan trekking di Taman Nasional Komodo sebaiknya tetap mengikuti petunjuk dari para pemandu atar ranger agar bisa lebih berhati-hati dan bisa mengamati Komodo dari jarak dekat.

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu (instagram.com)

Danau Kelimutu sudah jauh terkenal dibandingkan dengan Taman Nasional Komodo. Pasalnya danau tiga warna ini merupakan salah satu ikon yang muncul pada gambar uang lembaran rupiah. Keunikan Danau Kelimutu karena memiliki tiga warna yang berbeda yaitu merah, biru dan putih. Ketinggian Danau Kelimutu berada di 1.631 mdpl. Lokasinya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Pantai Pink

Pantai Pink (instagram.com)

Warna pink di Pantai Pink Pulau Komodo ini diesebabkan karena campuran pasir putih dan cangkang kerang yang berwarna merah. Cangkang kerang berwarna merah ini cukup banyak berada di pantai pink Pulau Komodo sehingga serpihan-serpihannya membentuk warna pink di Pantai ini.

Pulau Padar

Spot foto wajib di Pulau Padar (instagram.com)

Pulau ketiga terbesar setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca ini memang memiliki pesona yang instagramable. Bukit di pulau Padar ini menjadi pos pandang paling istimewa untuk melihat lanskap lengkap yang menawarkan lukisan alam yang indah perpaduan antara langit biru dan pulau yang kokoh berdiri diantara deburan ombak laut.

2 dari 3 halaman

12 Tempat Wisata Menarik di Flores

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa (shutterstock)

Awalnya Pulau Kanawa jauh lebih terkenal di Australia dibandingkan di Indonesia. Hingga akhirnya pulau ini juga menjadi salah satu destinasi impian para backpacker setelah foto-foto cantiknya tersebar di Instagram. Pulau Kanawa memiliki luas sekitar 32 hektar. Cukup untuk dijelajahi seharian penuh.Berada 10 kilometer dari Labuan Bajo, aktivitas yang paling menantang dilakukan di Pulau Kanawa diantaranya adalah trekking keliling pulau hingga snorkeling di dermaga. Bukit Kanawa memang menjanjikan keindahan dan sangat cocok dijadikan tempat foto pre-wedding ataupun sekadar foto-foto kelulusan SMA.

Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang (natgeoIndonesia)

Danau terbesar ini ibarat Danau Tobanya Nusa Tenggara Timur. Warna airnya yang hijau membuat nampak cantik. Luasnya sekitar 513 hektar yang masih dikelilingi dengan hutan-hutan sehingga menjadi salah satu destinasi ekowisata yang tak bisa anda lewatkan.

Pantai Koka

Pantai Koka (Instagram.com)

Pantai cantik ini berada di Desa Wolowiro, Paga, Kabupaten Sikka. Pantai ini kerap dikunjungi wisatawan lokal dan wisatawan asing pada akhir pekan. Pemandangannya tak berbeda jauh dengan beberapa karakter pantai seperti di Pulau Padar, Pulau Kanawa dan Pantai Pink Pulau Komodo. Bedanya, pantai ini sangat dekat dengan jalan raya Maumere – Ende, hanya sekitar 100 meter dari jalan raya. Selain keindahan lanskapnya yang alami, beberapa wisatawan juga kerap menjadikan pantai Koka ini sebagai destinasi liburan keluarga untuk bermain air di pantai.

Pantai Nanganesa

Pantai Nanganesa (instagram.com)

Pantai Nanganesa yang dipenuhi dengan batuan ini sangat dekat dengan desa Walotopo. Denyut kehidupan sangat terasa di pantai ini karena posisinya yang sangat dekat dengan perkampungan warga. Bangunan dan rumah tradisional warga masih banyak ditemukan di pesisir pantai Nangenasa ini.

3 dari 3 halaman

12 Tempat Wisata Menarik di Flores

Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami (instagram.com)

Flores tak hanya memiliki pulau indah dan pantai memukau saja. Flores juga memiliki air terjun yang tak bisa anda lewatkan begitu saja. Salah satu destinasi air terjun yang wajib kalian kunjungi adalah Air Terjun Cunca Rami. Lokasinya berada di Kampung Lamung, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter mulai dari puncak hingga jatuh ke kolam penampungan dibawahnya. Salah satu akses satu-satunya untuk menuju Air Terjun Cunca Rami ini hanyalah dengan berjalan kaki melewati kebun dan sawah-sawah warga. Siap-siap juga menembus hutan Mbeliling yang masih alami.

Gua Liang Bua

Gua Liang Bua (instagram.com)

Liang Bua memiliki makna yang berarti lubang sejuk. Begitulah warga sekitar menyebut kawasan gua di pegunungan karst ini. Gua ini mulai ditemukan pada tahun 1930-an dan ditemukan sisa-sisa manusia purba. Kini gua ini ditetapkan sebagai salah satu situs purba penting di dunia karena penemuan manusia Flores atau dengan nama Latin Homo Florensiensis. Lokasi gua ini berada di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Pulau Rinca

Pulau Rinca (shutterstock)

Salah satu kegiatan yang paling populer di Pulau Rinca adalah trekking sambil menikmati keindahan alamnya. Pulau Rinca mewakili keindahan daratan Flores yang memesona. Tak berbeda jauh dengan Pulau Komodo, anda juga bisa mendapati Komodo di Pulau Rinca. Pulau Rinca termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Jika Banyuwangi memiliki padang savana di Baluran, Flores bagian Barat ini memiliki padang savana seperti di Afrika di Pulau Rinca.

Labuan Bajo

Dermaga Labuan Bajo (Shutterstock)

Salah satu akses untuk menuju Flores bisa melalui Labuan Bajo. Labuan Bajo juga merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. Labuan Bajo Komodo juga termasuk destinasi diving para diver Internasional. Para traveler kerap menantikan sunset di pinggir pelabuhan Labuan Bajo.  Labuan Bajo merupakan salah satu akses untuk menuju Flores, anda bisa menuju bandara Labuan Bajo yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Dan anda pun bisa pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo melalui situs Reservasi.com.

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading