Sukses

5 Pekerjaan Terbaik untuk Kembangkan Karier

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin karir melejit tahun ini, maka faktor pemilihan pekerjaan sangat mempengaruhi. Pekerjaan yang sedang bertumbuh, digaji tinggi, dan belum mainstream adalah pilihan yang tepat.

Dilansir dari Time, Rabu (20/4/2016), Employment Outlook Survey memprediksi setidaknya ada lima pekerjaan yang akan bersinar pada masa depan. Pekerjaan ini kini sedang bertumbuh dengan pesat dan memiliki prospek yang baik. Saat ini, orang yang berkecimpung di bidang itu juga digaji tinggi. Apa saja pekerjaan itu?

1. Teknologi pengobatan nuklir

Jangan takut dengan nama pekerjaan ini yang terkesan menyeramkan. Sebenarnya ini adalah orang-orang yang bekerja sebagai profesional yang mengoperasikan alat-alat kesehatan yang canggih. Alat-alat kesehatan di masa depan akan semakin canggih, sebutnya Computed Tomography (CT) Scanner, gamma camera, positron emission tomography (PET) scanner, dan berbagai alat-alat lain yang dibutuhkan dokter untuk mempermudah diagnosa.

John `Pantau` Martin jalani CT Scan usai alami kecelakaan mobil [foto: instagram/itsjohnmartin]

Sektor pekerjaan ini akan berkembang seiring bertambah canggihnya alat. Gajinya rata-rata mencapai 71.120 Dolar Amerika atau Rp 935,7 juta per tahun. Pertumbuhan pekerjaan ini mencapai 20 persen hingga 2022.

2. Ahli reparasi alat-alat kesehatan

Ruang CT Scan RS Pertamedika Sentul City, Jawa Barat. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)
Karena alat-alat kesehatan semakin canggih, ahli yang bisa memperbaikinya pun sangat dibutuhkan. Keahlian di bidang ini pun perlu dipelajari.

Namun gaji hingga 44,180 Dolar Amerika atau Rp 581,3 juta per tahun setara dengan kemampuannya. Pertumbuhan pekerjaan ini mencapai 30 persen hingga 2022.

2 dari 3 halaman

Pekerjaan Terbaik untuk Kembangkan Karir

3. Petugas risiko digital

Memperbanyak berdiri dan mengurangi duduk mampu memangkas lemak tubuh. (Foto: newgizmoblog.com)
Data merupakan sesuatu yang sangat penting kini dan nanti. Sehingga, petugas yang menjamin keamanan data perusahaan maupun pelanggan sangat dibutuhkan.

Apalagi, perkembangan teknologi semakin pesat dalam beberapa waktu ke depan. Gaji kepala bagian mencapai 153.602 Dolar Amerika atau sekitar Rp 2,2 miliar per tahun.

4. Pengajar kesehatan

Meskipun kamu bukan pebisnis, sukses ternyata hanya bisa diraih dengan mempelajari kewirausahaan.
Tubuh yang sehat para karyawan akan menguntungkan perusahaan. Karena itu, banyak perusahaan yang sudah sangat peduli akan kesehatan karyawannya. Bukan hanya penanganan kesehatan saat karyawannya sakit, tetapi untuk menjaga karyawannya untuk hidup sehat. Di sini lah peran penting pengajar kesehatan.

Mereka perlu mengenal karyawan secara pribadi. Sebab, kesehatan seseorang akan bersifat personal. Para pengajar kesehatan akan digaji 62.280 Dolar Amerika atau Rp 819,5 juta per tahun. Pertumbuhan pekerjaan ini mencapai 21 persen hingga 2022.

3 dari 3 halaman

Pekerjaan Terbaik untuk Kembangkan Karir

5. Psikolog organisasi industri

Belajar Kewirausahaan, Kunci Sukses Semua Bidang Pekerjaan | via: rosssimmonds.com
Perusahaan memperkerjakan psikolog untuk memperbaiki performa pekerjaan, kepuasan bekerja, dan melatih kemampuan karyawannya. Pekerja ini bertanggung jawab untuk mengatur dan mengembangkan program di perusahaan.

Mungkin pekerjaan ini tidak baru, tetapi akan semakin cepat bertumbuh. Apalagi banyak perusahaan yang mulai sadar dengan pentingnya pendekatan psikologis terhadap performa pekerjaan. Gajinya mencapai 80.330 Dolar Amerika atau sekitar Rp 1 juta. Pertumbuhan pekerjaan ini mencapai 53 persen hingga 2022.