Sukses

Perhatikan 7 Hal Ini Saat Ingin Berwisata ke Dubai

Saat mengunjungi Dubai, ada budaya dan norma-norma warga setempat yang harus dihormati.

Liputan6.com, Jakarta Dubai merupakan salah satu destinasi wisata dunia terfavorit wisatawan. Kota tujuan wisata ini telah banyak dibicarakan orang. Namun demikian, Kota Dubai memiliki kehidupan sehari-hari yang tak terduga bagi kebanyakan wisatawan asing, khususnya dari Amerika dan Eropa. Ada budaya dan norma-norma di Dubai yang harus dihormati.

Seperti dikutip dari lifehack, Minggu (10/4/2016), berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan traveling ke negara yang memiliki gedung pencakar langit paling tinggi di dunia tersebut.

Cara Berpakaian
Dubai merupakan negara Muslim. Saat mengunjunginya, pastikan pakaian Anda sesuai dengan norma kesopanan yang berlaku di negara tersebut. Di tempat umum, seperti mal, bandara, kafe, dan di dalam transportasi umum, tiap orang dituntut untuk mengenakan pakaian yang menutup aurat. Meski tidak sampai dipenjara lantaran mengenakan pakaian terbuka, paling tidak Anda berusaha untuk tetap menghormati kebudayaan masyarakat setempat. Dubai memiliki “Zona Internasional”, seperti di pantai dan hotel, yang memungkinkan wisatawan asing untuk mengenakan pakaian terbuka, namun tetap sopan. 

Reservasi Restoran
Jika Anda ingin makan di suatu restoran di Dubai, Anda tidak bisa langsung datang tanpa reservasi terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa sebab, mengingat restoran di Dubai menjadi tempat yang selalu ramai setiap hari.

Alkohol
Tak satu pun restoran atau kafe umum di Dubai yang memiliki izin menjual alkohol. Alkohol hanya diizinkan dijual di “Zona Internasional”, seperti di restoran dan kafe yang ada di dalam hotel.

Taksi
Taksi di Dubai sangat mudah ditemui. Hal tersebut menjadikan taksi sebagai moda transportasi pilihan bagi banyak traveler yang ingin berkeliling kota. Saking banyaknya taksi, Anda tidak perlu mencarinya lagi. Argo taksi di Dubai dimulai dari nominal 5 Dirham atau sekitar Rp 17 ribu. Namun sebelum menggunakan taksi di Dubai, Anda perlu tahu persis tujuan yang akan dicapai.

Suara Azan
Sama halnya di Indonesia, suara azan di Dubai juga terdengar hampir di segala penjuru kota saat waktu solat tiba. Jumlah masjid di kota ini sangat banyak, dan memudahkan Anda untuk beribadah.

Memberikan Uang Jasa
Di Dubai memberikan tip atau uang jasa bukanlah suatu keharusan. Semua tergantung dengan kualitas layanan yang diterima. Jika pelayanan buruk, Anda tidak diharuskan untuk memberikan uang jasa, begitu pun saat pelayanan bagus. Namun ada baiknya juga jika Anda tetap memberikan uang jasa sebagai tanda terima kasih.

Dunia Malam
Ada begitu banyak bar dan klub malam di Dubai yang tidak mungkin bisa Anda kunjungi satu per satu dalam waktu seharian. Uniknya bar dan klub malam selalu ada di dalam hotel, yang membuat Anda berpikir bahwa ini adalah semacam persembunyian rahasia. Hal ini tentu terkait dengan “Zona Internasional”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini