Sukses

Tidur Nyenyak Meski Pasangan Mendengkur

Liputan6.com, Jakarta Apakah yang dapat Anda lakukan bila pasangan Anda mendengkur saat tidur? Mendengkur adalah hal serius yang berkaitan dengan kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Jika dengkuran pasangan memengaruhi kualitas tidur Anda, maka otak dan tubuh Anda juga akan terganggu.

Menurut berita yang dilansir dari huffingtonpost.com, tidur yang tidak berkualitas akan berpengaruh kehidupan, pertemanan, ingatan, bahkan cara menyetir Anda. Jangan biarkan dengkuran pasangan membuat Anda tidak mendapatkan istirahat malam yang berkualitas. Sembilan hal berikut dapat membantu.

Berikan bukti
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia tidak mendengkur saat tidur. Kadang bukti berupa video atau rekaman suara dapat membuat pasangan sadar betapa mengganggunya dengkuran mereka di malam hari.

Cara tidur yang tepat jika pasangan mendengkur

Tidur lebih dulu dari pasangan
Jika dengkuran adalah penyebab utama Anda tidak bisa tidur, cobalah tidur lebih dulu dari pasangan. Ke ranjang 15 atau 30 menit lebih awal akan membuat Anda tertidur lebih dulu sehingga tidak terpengaruh dengan dengkuran pasangan.

Beli penyumbat telinga
Ada orang yang butuh penyumbat telinga atau menggunakan bantal untuk menutup telinga. Kedua hal ini tidak akan membuat bunyi dengkuran menghilang sepenuhnya, tapi dapat membantu Anda tertidur lebih mudah.

Senggol pasangan
Saat dengkuran benar-benar mengganggu, coba senggol pasangan Anda. Dorongan lembut dapat membuat pasangan mengubah posisi tidur. Hasilnya, pernafasan mereka akan berubah dan kemungkinan besar dengkuran akan berhenti.

Beli obat untuk mengatasi dengkuran
Obat untuk mengurangi dengkuran kini tersedia di apotek atau toko obat. Bagi sebagian orang, mengonsumsi obat tersebut akan membantu mengurangi dengkuran.

Tidur yang berkualitas meski pasangan mendengkur

Kenali jenis dengkuran
Apakah pasangan mendengkur karena pilek, sinus atau reaksi alergi yang memengaruhi pernafasan mereka? Hal-hal tersebut dapat diatasi dengan obat tertentu, dan otomatis akan mengurangi dengkuran.

Hindari alkohol sebelum tidur
Ada orang tertentu yang bereaksi pada konsumsi alkohol sebelum tidur. Segelas kecil wine dapat memancingkan dengkuran besar bagi beberapa orang. Kenali kecenderungan ini pada pasangan untuk membantu mengurangi dengkuran.

Masalah berat badan
Mengurangi berat badan berlebih akan membantu mengurangi dengkuran. Perbedaan berat badan beberapa kilo saja dapat berpengaruh banyak pada cara tidur seseorang.

Temukan tempat lain untuk tidur
Tidur di kamar lain untuk beberapa malam saja dapat Anda lakukan untuk membayar tidur yang kurang. Jika Anda sedang sangat membutuhkan istirahat, hal ini bisa jadi alternatif tepat.