Sukses

Kenang Gempa Bumi Tohoku, Japan Foundation Adakan Pameran

Japan Foundation kembali gelar acara pameran bertajuk `Beautiful Handicraft of Tohoku, Japan` untuk mengenang bencana gempa bumi.

Liputan6.com, Jakarta 'Beautiful Handicraft of Tohoku, Japan' kembali digelar di Hall the Japan Foundation, Jakarta, setelah acara serupa sukses digelar selama 11 hari di House of Sampoerna, Surabaya.

Pameran ini digelar untuk mengenang bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang Tohoku pada 11 Maret 2011. Tohoku dikenal akan daerah pegunungan, pemandangan laut, sejarah budaya, dan sejarah lokalnya. Setelah kejadian gempa bumi, masyarakat setempat Tohoku kembali bangkit dan berusaha keras mengembalikan kehidupan normal mereka sesegera mungkin termasuk memulihkan kembali bidang manufaktur dan budaya kerajinan tangan yang terkena dampak bencana. Berhubungan dengan hal itu, pameran 'Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan' digelar sebagai bentuk dedikasi dan dukungan dari Japan Foundation atas usaha masyarakat setempat dalam membangun kembali wilayah Tohoku.

Acara pameran ini diibuka pada 7 Maret lalu dan akan berlangsung hingga 19 Maret 2016, pukul 10.00 hingga 18.00 WIB di Hall The Japan Foundation, Jakarta.

Pameran

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (14/3/2016), pameran ini menampilkan berbagai karya, seperti keramik, lacquerware, tekstil, logam, dan kerajinan kayu dan bambu yang dihadirkan langsung dari Tohoku. Peralatan yang bersifat indah dan fungsional tersebut dibuat dengan teknik kerajinan tradisional tingkat tinggi. Telah ada sejak zaman kuno dan menginspirasi seniman-seniman Jepang berpartisipasi dalam pameran ini untuk mengembangkan dan mewarisi tradisi istimewa ini hingga sekarang.

Pameran

Pameran dibuka dengan acara Chanoyu atau upacara minum teh. Upacara ini dimulai dengan menampilkan dua perempuan Jepang yang menunjukan proses pembuatan teh asli Jepang berdasarkan tradisi yang masih berlangsung sampai saat ini. Setelah proses pembuatan selesai ditunjukan, para pengunjung diberikan kesempatan untuk mencicipi mochi dan matcha atau teh hijau asli dari Jepang.

Setelah mencicipi mochi dan matcha, pengunjung diperbolehkan berkeliling ke dalam ruang pameran. Tidak hanya upacara minum teh, sampai tanggal 19 besuk akan ada berbagai acara menarik untuk meramaikan pameran ini. Pameran 'Beautiful Handicraft of Tohoku, Japan' dibuka untuk umum dan gratis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini