Sukses

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah

Membeli rumah bisa menjadi hal yang menyulitkan, tetapi Anda bisa menyederhanakannya dengan enam hal ini,

Liputan6.com, Jakarta Membeli rumah bisa menjadi hal yang memusingkan. Namun, ini akan berhubungan dengan kepuasan yang Anda akan rasakan seumur hidup. Karena itu, Anda perlu berupaya dalam mendapatkan rumah idaman Anda. Dikutip dari Metro, Sabtu (30/1/2016), berikut 10 hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli rumah.

1. Membeli rumah tidak sekedar sejumlah tabungan
Jika Anda menggunakan tabungan untuk membayar down payment, maka Anda juga harus memperhatikan biaya-biaya lainnya yang Anda butuhkan dalam membeli rumah, misalnya biaya booking, surveyor, surat-surat dan sebagainya. Sehingga jangan membeli rumah yang harganya pas dengan jumlah tabungan Anda.

2. Anda harus cepat
Harga rumah terus meningkat setiap tahunnya. Jika Anda terus mengulur hingga tabungan Anda cukup, Anda akan semakin sulit membelinya.

3. Perhatikan semua bagian rumah
Buat kriteria rumah idaman Anda dan pastikan rumah yang Anda inginkan sesuai dengan kriteria tersebut. Meskipun harus realitis, tetapi faktor ini akan menentukan kepuasan Anda.

4. Cek lingkungan rumah
Pastikan Anda mengecek kondisi di sekitar rumah, misalnya lalu lintas pada pagi, sore, suasana malam dan akhir pekan. Serta, pastikan saat hujan, lingkungan Anda tidak mengalami banjir.

5. Pastikan apa saja yang Anda dapatkan saat membeli rumah
Jika Anda melihat kitchen set cantik saat melakukan survei terhadap rumah yang akan Anda beli, maka Anda perlu menanyakan apakah nantinya benda itu bisa menjadi milik Anda. Jika tidak, maka perhitungkan lagi biaya yang perlu Anda keluarkan saat harus membelinya.

6. Perhatikan biaya pindahan
Saat membeli rumah baru, tentu Anda ingin cepat-cepat menempatinya. Namun, tentu saja ada biaya yang perlu Anda keluarkan dalam melakukan pindahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini