Sukses

5 Pewangi Ruangan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia

Mencari wewangian untuk membangkitkan mood? Coba 5 aroma ini

Liputan6.com, Jakarta - Rumah yang bersih dan wangi tentu akan memberi kenyamanan bagi penghuninya. Wewangian tidak hanya sebagai pelengkap untuk interior, tapi juga dapat menambahkan kesan khusus dalam rumah Anda.

Oleh karena itu, dalam memilih wewangian untuk rumah sebaiknya disesuaikan dengan kepribadian dan karakteristik rumah Anda.

Anda bahkan bisa memberi sensasi keharuman yang berbeda di setiap ruangan. Misalnya di dapur, buat sensasi bersemangat dengan wewangian citrus. Atau wewangian vanila di kamar tidur untuk memberi kenyamanan beristirahat.

Nah, sebelum menemukan pewangi ruangan yang pas untuk setiap sudut rumah, coba generalisir dulu karakteristik wewangian paling populer berikut ini, seperti ditulis Kamis (28/1/2016) yang dikutip dari Countryliving.com dan Rumah.com

Citrus

"Buah-buahan seperti jeruk, grapefruit dan lemon memiliki wewangian yang bisa meningkatkan semangat dan energi," ucap Cynthia LaBonte, aromaterapis dan herbalis dari Newport Aromatherapy.

"Wewangian Citrus juga identik dengan kebersihan. Aroma lapisan pertama yang timbul, langsung terhirup sampai ke ujung kepala dan bisa memberikan rasa lebih nyaman, segar, dan bahkan percaya diri," tambah dia.

Cobalah: Lilin Citrus. Berikan aroma elegan di lemari pakaian dengan wewangian lilin infus ini. Pilih kombinasi wewangian jeruk, pomegranate dan bunga mawar.

 

Vanilla

"Salah satu wewangian paling banyak disukai dan menenangkan secara universal adalah vanilla," ucap Rachel Herz, ahli psikologi ilmu wewangian, neuroscientist, dan penulis buku The Scent of Desire.

"Wewangian aromatik ini biasa terkandung dalam ASI dan susu formula bayi. Bagi kebanyakan orang, aroma ini bisa membawa perasaan positif dan menenangkan," kata dia.

Cobalah: Diffuser Vanila. Caranya dengan menghancurkan dan suling biji vanili yang menghembuskan wewangian dari alat diffuser. Seketika perumahan Anda akan beraroma seakan Anda menghabiskan seharian memanggang kue.

 

Kayu Manis

Penelitian dari Wheeling Jesuit University menunjukkan aroma kayu manis dapat meningkatkan memori peserta tes. Tentu ini adalah berita baik, demi mencegah Anda kepikunan yang kerap terjadi di hari yang sibuk.

Cobalah: Pucuk Pinus Kayu Manis. Ada cara murah meriah untuk menyelinapkan aroma ini ke dalam dekorasi rumah Anda. Tempatkan pucuk pinus beraroma kayu manis dalam sebuah mangkuk cantik dan letakkan di posisi strategis untuk mengeluarkan aroma renyah.

 

Kopi

Semua orang tentu mengetahui manfaat kopi yang dipercaya bisa memberi semangat untuk memulai hari. Namun minuman dengan kandungan kafein tinggi ini tidak hanya bisa menyemangati Anda di kantor, tapi juga di rumah.

Wewangian kopi sendiri memang bisa meningkatkan perhatian visual Anda terhadap objek tertentu. Tentu wewangian ini akan berguna ketika Anda baru bangun tidur dan hendak mengecek kondisi visual rumah secara lebih fokus.

Cobalah: Saset Moka. Jika Anda menyukai wangi kopi namun lebih memilih untuk tidak meminumnya, maka buat sebuah sachet kopi, bungkusan lucu berisi wewangian moka untuk disimpan di lemari pakaian Anda.

 

Melati

Salah satu wewangian manis yang menurut penelitian bisa memberi rangsangan di bagian otak Anda untuk merasa segar dan berenergi.

Cobalah: Diffuser melati. Dikombinasikan dengan wewangian jeruk, infus berisi minyak melati ini dapat membantu Anda merasa bersemangat di pagi hari. (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini