Sukses

Ini Rahasia di Balik Hunian Mungil Anda

Karavan adalah jenis mobil panjang berjenis semitruck. Biasanya memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk hunian mungil.

Liputan6.com, Jakarta - Karavan adalah jenis mobil panjang berjenis semitruck. Biasanya memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk hunian mungil. Banyaknya ulasan video mengenai rumah mungil berbentuk caravan di youtube memberikan inspirasi desain interior untuk rumah ukuran mungil.

Luas karavan rata-rata 1,4 meter x 2 meter atau 1,6 meter x 2 meter. Dengan ukuran yang sempit ini, pemilik mobil tersebut masih bisa menjadikannya sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Nah, Anda bisa mengambil inspirasi penataan interior dari karavan-karavan tersebut untuk ruangan-ruangan di rumah Anda seperti dikutip dari laman www.rumah.com, Sabtu (23/1/2016).

1. Lantai Rumah

Lantai rumah masa kini sangat identik dengan keramik, marmer, parket, tegel, dan beton. Ternyata menggunakan lantai dengan parket lebih memberikan kesan alam yang nyaman. Hal ini senada dengan video rumah yang berlokasi di Quebec, Canada.


Quebec House (Source: exploring alternative)

Maism Logique, tim desainer rumah ini mengatakan, lantai jenis parket memberikan kesan yang kuat untuk hunian berukuran kecil dan sempit. Material ini justru memberikan kesan teduh sehingga sempitnya hunian tidak begitu terasa.


Parket versi Maism Logique (source: exploring alternative)

Parket adalah jenis lantai berbahan kayu, ada yang terbuat dari kayu solid, ada yang dari serbuk kayu. Bahan kayu ini memiliki cara perawatan yang berbeda dengan material lantai lainnya.

Ada yang mengatakan merawat lantai parket membutuhkan biaya yang tidak murah. Pendapat ini bisa jadi benar. Akan tetapi Anda juga bisa membuatnya lebih tahan lama dengan cara tidak menggunakan sepatu hak tinggi di dalam rumah atau rajin membersihkan parket dengan cara menyapu, mengepel.

Parket serba guna milik Kequyen (source: Tiny House Listings)

2. Meja makan rahasia

Menempatkan meja makan lipat sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah kecil. Dengan meja makan yang bisa terlipat hingga menempel dinding, Anda bisa memanfaatkan ruang untuk meja makan sebagai tambahan untuk ruang keluarga.

Triknya, gunakan kursi yang desainnya fleksibel. Bisa digunakan untuk bersantai dan juga sebagai kursi makan. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyediakan ruang juga untuk kursi khusus makan.


Ruang tamu yang serba guna (source: exploring alternative)

3. Dinding serba guna


Dinding Lemari versi The Shenandoah (source: Valley View Tiny House Company)

Apakah Anda selama ini merasa bingung menempatkan lemari pakaian yang kerap membuat sempit ruangan? Jika iya, rumah mungil The Shenandoah ini mungkin bisa menjadi solusi.


Dinding buku ala The Shenandoah (source: Valley View Tiny House Company)

The Shenandoah karya Valley View Tiny House Company menawarkan ide kalau dinding bisa memiliki kegunaan sebagai lemari pakaian. Tidak hanya dapat digunakan sebagai lemari pakaian, dinding ala The Shenandoah ini juga bisa menjadi lemari buffet pajangan atau buku. (Kantri M/Ahm)

 

*Dilansir dari Rumah.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.