Sukses

Jaga Pola Hidup Sehat agar Liburan Tetap Lancar

Musim liburan akhir tahun telah tiba, berikut 5 cara sederhana agar tubuh tetap sehat selama berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, banyak orang yang memutuskan untuk berlibur dalam rentang yang cukup panjang. Tak jarang banyak dari Anda yang jatuh sakit saat liburan karena tidak menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan berlebihan.

Seperti dilansir dari Time.com pada Rabu (30/12), Liputan6.com merangkum cara menjaga kesehatan saat liburan, tetapi tetap bisa memuaskan diri dengan makanan enak.

1. Konsumsi makanan berprotein saat sarapan

Mengonsumsi makanan berprotein saat sarapan (sumber. Canada.com)
Seringkali Anda terasa lapar berkali-kali ketika sedang berlibur. Untuk menjaga perut tetap kenyang, sebelum melakukan perjalanan, pastikan sarapan Anda mengandung protein yang cukup, seperti telur, susu, tahu, dan tempe.

2. Konsumsi air mineral

Jika Anda meminum dua gelas air mineral sebelum makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.
Ketika liburan, tubuh Anda sangat mudah mengalami dehidrasi karena kelelahan atau terlalu banyak asupan makanan ringan yang mengandung penyedap rasa. Tubuh Anda jauh lebih mudah untuk menahan lapar ketimbang haus. Minumlah air putih atau mineral setiap jam.

3. Tetap aktif

Tak apa malas olahraga, berikut 10 gerakan yang ternyata bisa membuatmu terus sehat.
Liburan bukan berarti hanya tidur-tiduran saja karena metabolisme tubuh akan menjadi lebih lambat yang berpengaruh pada kesehatan. Lakukan aktivitas, semacam olahraga bersama teman atau kerabat untuk menjaga tubuh Anda tetap aktif.

4. Konsumsi sayuran


Ketika berlibur, Anda seringkali lupa untuk mengonsumsi sayuran dan makanan ringan yang sehat. Padahal, dengan mengonsumsi sayuran, Anda tetap bisa menjaga pola hidup sehat dan menjalani liburan dengan baik. Pastikan Anda mengonsumsi 3 porsi sayur dalam sehari.

5. Tetap selektif dalam memilih asupan makanan


Memuaskan diri saat liburan adalah sesuatu yang wajar. Namun, Tidak lupa untuk tetap memilih makanan yang dikonsumsi sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Jangan sampai dengan dalih mumpung sedang liburan, Anda jatuh sakit karena terlalu berlebihan dan tidak selektif dalam memilih makanan.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.