Sukses

Demam Batu Belum Selesai, Kobagjo Gelar Kontes Batu Bergambar

Liputan6.com, Yogyakarta Demam batu akik belum selesai, Komunitas Batu Gambar Jogja (Kobagjo) akan menggelar kontes batu akik bergambar pada 12-16 Agustus mendatang di Halaman TVRI, Jalan Magelang, Yogyakarta. Selain untuk mengukuhkan Yogyakarta sebagai kota budaya dan seni, kontes ini juga digelar dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wisben Antoro, Ketua Kobagjo menjelaskan, kontes ini menyediakan hadiah mobil klasik jenis sedan bagi pemenang. “Kontes berhadiah mobil klasik ini baru pertama diadakan. Semoga Yogya menjadi barometer batu gambar di Indonesia serta jadi acuhan lomba-lomba serupa yang akan digelar kemudian hari," kata Wisben saat ditemui awak Liputan6.com, Senin (3/8/2015).

Lebih jauh Wisben menjelaskan, akan ada sekitar 50 stan dalam kontes batu gambar ini. Selain itu, kontes ini juga akan dilengkapi klinik batu gambar, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, terutama bagi mereka penggemar batu akik bergambar.

Sementara itu, Dwi Suyono, Ketua Panitia Kontes Batu Gambar, yang berasal dari Komunitas Mataram Stone mengatakan, kontes batu gambar harus dilakukan tiap tahun, untuk mengukuhkan Indonesia sebagai salah satau penghasil batu akik terbaik di dunia.

Kontes batu gambar ini terdiri dari 2 kategori, yaitu kategori umum dan best of the best. Kategori best of the best hanya boleh diikuti batu akik yang pernah mendapat juara satu pada kontes lain, yang dibuktikan melalui sertifikat kejuaraan dan memo lab. Sedangkan untuk kategori umum, gambar yang dilombakan meliputi gambar pemandangan alam, huruf, angka, sosok, hewan, tumbuhan, hingga motif mata dewa. (Fathi Mahmud/Ibo)

Loading