Sukses

10 Ide Kreatif Manfaatkan Peralatan Dapur Bekas

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin memiliki banyak peralatan dapur yang sudah tua dan cukup lama digunakan. Jika Anda berpikir untuk menggantikannya dengan yang baru, janganlah bergegas untuk membuang peralatan dapur bekas Anda karena siapa yang menyangka ternyata peralatan dapur ini bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya.

Memanfaatkan barang bekas dapat membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu membeli banyak barang untuk berbagai keperluan. Terkadang tanpa disadari tenyata beberapa barang dapat memiliki fungsi yang beragam jika Anda pandai meletakkan dan memanfaatkan pada setiap bagian terkecilnya.

Dibutuhkan imajinasi dan kreativitas untuk membuat barang bekas Anda menjadi barang yang bernilai lebih dan dapat berfungsi kembali. Dilansir dari Architecturendesign, Selasa (3/3/2015) berikut beberapa contoh yang dapat menjadi inspirasi Anda untuk memanfaatkan kembali peralatan dapur yang sudah tidak terpakai.

Anda bisa membuat aliran air bertingkat seperti air mancur dengan mengumpulkan teko, alat untuk menyiram tanaman, dan ember.

2 dari 4 halaman

Memanfaatkan Alat Dapur Bekas

Manfaatkan penggulung adonan yang biasa Anda gunakan untuk membuat kue menjadi gantungan baju yang unik dan menarik.

Bagi Anda yang senang mengoleksi aksesoris seperti anting, Anda bisa memanfaatkan parutan yang sudah tidak terpakai untuk menyimpan koleksi anting dengan menggantungkannya pada bolongan parutan tersebut.

Gunakan cetakan kue bekas untuk menyimpan peralatan kecil seperti kunci, gunting, ikat rambut, dan peralatan lainya di laci lemari Anda.

3 dari 4 halaman

Memanfaatkan Alat Dapur Bekas

Jika Anda ingin mengganti alat makan seperti sendok dan garpu, jangan membuang garpu yang sudah tidak terpakai. Cobalah untuk memanfaatkannya sebagai tempat untuk sandaran foto dengan mengubah bentuk jari-jari garpu.

Termos bekas juga bisa Anda gunakan untuk lampu meja yang dapat menjadi pemanis ruangan.

Jika Anda memiliki sendok kayu yang sudah tidak terpakai, cobalah membuat gantungan handuk yang unik agar rumah dapat terlihat lebih rapi.

4 dari 4 halaman

Memanfaatkan Alat Dapur Bekas

Anda bisa menciptakan sebuah lampu lucu dengan memanfaatkan teko bekas. Berikan lampu di dalam teko dan buat ukiran pada dinding teko agar cahaya dapat memancarkan sinarnya melalui celah-celah teko.

Sendok dan garpu bekas juga bisa Anda manfaatkan untuk gantungan kunci hanya dengan membuat batangnya menjadi bengkok seperti yang biasa dilakukan oleh para pesulap.

Selain dapat menjadi air mancur dan lampu, teko dan panci bekas juga bisa digunakan untuk pot tanaman di halaman rumah Anda.

Loading