Sukses

Tips Lakukan Bisnis Bersama Keluarga

Bagaimana menjalankan bisnis bersama dengan keluarga? Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta- Banyak orang yang memilih untuk menjalankan bisnis dengan keluarga. Beberapa alasan mereka adalah agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar ketimbang Anda harus melakukan bisnis dengan orang lain. Tapi, beberapa kendala pun terkadang ditemui jika Anda melakukan bisnis dengan keluarga. Bagaimana menghadapinya? Berikut tips lakukan bisnis dengan keluarga yang dilansir dari Life Hack Senin (27/10/2014):

 

Komunikasi

Pertama-tama, sebelum Anda menjalankan bisnis dengan keluarga adalah melakukan komunikasi dengan baik dan jelas. Karena, jika suatu ketika saat bisnis sudah berjalan dan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, setidaknya Anda tidak merasa terkejut karena segala sesuatunya sudah dibicarakan sejak awal. Sampaikan segala sesuatunya sedetil dan selugas mungkin agar bisnis berjalan dengan lancar.

 

Hitam di Atas Putih

Walaupun Anda menjalankan bisnis dengan keluarga, bukan berarti Anda dapat melupakan perjanjian hitam di atas putih. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Agar, jika nantinya terjadi suatu kendala yang dapat merugikan bisnis serta diri Anda sendiri, maka penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan baik.

Selain itu, membuat perjanjian juga akan memberikan keuntungan dari kedua belah pihak. Gunakanlah jasa pengacara untuk melakukan perjanjian tersebut. Agar bisnis dapat berjalan dan hubungan baik keluarga pun akan tetap harmonis.

 

Pembagian Kerja

Hah terpenting sebelum melakukan bisnis adalah dengan menentukan pembagian kerja bagi kedua belah pihak. Lakukanlah pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Dengan pembagian tersebut, maka saat bisnis berjalan tidak akan menemui kendala yang berarti mengenai tanggung jawab kerja.

 

Profesional

Profesional adalah satu satu hal penting yang perlu dilakukan jika Anda menjalankan bisnis bersama dengan keluarga. Jika terjadi konflik pribadi antara Anda dan keluarga, selesaikan lah dengan baik. Jangan pula mengaitkan masalah tersebut dalam bisnis Anda karena dapat membuat bisnis terbengkalai dan tidak berjalan dengan semestinya. (Cyn/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini