Sukses

Trampe, Sahabat Pesepeda Disaat Menaiki Tanjakan

Lift khusus pesepeda di Norwegia membantu pesepeda menaiki tanjakan sejauh 130 meter tanpa perlu mengayuh.

Liputan6.com, Norwegia Bersepeda adalah salah satu olahraga menyenangkan yang kerap dilakukan secara berkelompok ataupun seorang diri. Bersepeda akan menjadi semakin menantang apabila jalur yang akan ditempuh berupa tanjakan.


Jika Anda bersepeda di Norwegia dan menemukan jalur menanjak, Anda tak perlu mengkhawatirkan tenaga Anda terkuras. Pasalnya di Norwegia terdapat lift khusus untuk membantu pesepeda menaiki tanjakan sejauh 130 meter tanpa perlu mengayuh.

trampe-bicycle-lift2


Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Minggu (3/8/2014), lift khusus untuk pesepeda yang diberi nama "Trampe" itu terletak di Trondheim, kota terbesar ketiga di Norwegia.


Saat lift ini dibuka untuk pertama kali pada 1993, Trampe langsung mengubah Trondheim menjadi tujuan wisata populer bagi para pesepeda dari seluruh dunia.

 

trampe-bicycle-lift (5)


Lift ini sempat dibongkar pada 2012 dan diganti dengan versi yang lebih canggih, "CycloCable", setahun kemudian. Dalam hal fungsi, CycloCable mirip dengan lift ski.


Cara menggunakan lift ini cukup mudah. Pesepeda tinggal memencet keycart ke dalam slot khusus, kemudian menekan tombol hijau di stasiun pemberangkatan. Lalu, mereka tinggal menunggu footplate.

 

trampe-bicycle-lift (4)


Setelah footplate datang, pesepeda hanya perlu duduk di atas sepedanya dan menempatkan kaki kanannya pada pelat logam yang bisa digeser sepanjang trek. Terakhir, pengguna harus menumpukan berat badannya pada kaki kanannya.


Dengan digerakkan motor listrik, pesepeda dibawa ke puncak bukit Brubakken dengan kecepatan 2 meter per detik tanpa perlu mengayuh. Untuk per-jamnya, Trampe bisa membawa sekitar 300 pesepeda.

 

trampe-bicycle-lift (3)

 

trampe-bicycle-lift (6)


Sejauh ini, belum ada kecelakaan terkait penggunaan alat tersebut. Bahkan, sudah ada lebih dari 200 ribu pesepeda yang memanfaatkannya untuk naik di tanjakan sejauh 130 meter.


Lebih lanjut, untuk saat ini, sahabat bagi pesepeda ini memang masih tersedia di Trondheim. Namun, pihak pengembang, Poma Group, berencana memperkenalkannya ke kota-kota lain di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini